Pandawara Group Berhasil Ajak Lebih dari 3 Ribu Orang Bersihkan Pantai Lampung: The Real Influencer

Pandawara, aktivis bersih-bersih sampah ajak warga bersihkan sampah di Lampung
Sumber :
  • Tangkapan layar Pandawara Group

Bandar Lampung – Aksi bersih-bersih pantai terkotor ke-2 di Indonesia di Bandar Lampung oleh kelompok pemuda, Pandawara Group mendapatkan banyak pujian dari masyarakat. Pasalnya, Pandawara Group berhasil mengajak lebih dari 3 ribu orang untuk membantu membersihkan pantai kotor tersebut yang menurutnya termasuk menjadi rekor. 

Sekda Jabar Herman Suryatman Bertemu Pj. Bupati Bogor

“3.700 orang (-+) total yang hadir di lokasi tadi menurut laporan pihak kepolisian, ini rekor gaa sih di Indonesia?” tulis keterangan dalam unggahan Instagram @pandawaragroup yang dikutip pada Selasa, 11 Juli 2023. 

Pandawara dan masyarakat bersihkan Pantai Sukaraja, Bandar Lampung

Photo :
  • Pujiansyah (Lampung)
Kemasan Guna Ulang Dinilai Perlu Digalakkan untuk Kurangi Timbunan Sampah Plastik

Pandawara group beserta masyarakat, relawan dan Pemerintah Kota Bandar Lampung membersihkan tumpukan sampah yang berada di pesisir pantai di daerah Sukaraja, Bandar Lampung. 

Kegiatan bersih-bersih pantai di Lampung tersebut dilakukan pada hari Senin, 10 Juli 2023 pukul 07.00 WIB pagi. Mulanya target masyarakat yang akan datang hanya seribu orang, namun tak disangka malah hampir 4 ribu orang yang datang untuk bersih-bersih sampah di Pantai Lampung. 

Bentrok Kelompok Pemuda di Bandar Lampung, 1 Pelajar Tewas

Sampah yang terkumpul dari pantai terkotor ke-2 di Indonesia itu beratnya dilaporkan mencapai 300 ton. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung, Budiman P  Mega menjelaskan sampah yang dikumpulkan akan di antar ke TPA Bakung.

"Ini nanti sampahnya kita bawa ke TPA dan jumlah dari sampah ini diperkirakan mencapai 300 Ton," kata Budiman.

Komentar Netizen

“The real influencer ???? keren banget.”

“Dr pandawara kita bisa belajar. Utk bisa memberikan pengaruh, kita perlu buktikan dlu. Andai pandawara gak aktif terlebih dulu membersihkan, dalam skala kecil dan konsisten. Mungkin mereka ga akan bisa menggerakkan massa sebanyak ini. Semoga pandawara grup longlaastt.”

“Gilaaa, amal jariyah lu Segede apa bang (para personil Pandawa group), bikin masyarakat tergugah buat sadar lingkungan tu susah loh, the power of sosial media, banyak positif selagi kita bisa manfaatkan platform ini dgn bijak, Indonesia butuh banyak anak muda yg kampanye kan hal2 bermanfaat gini.”

“Kerja nyata. Bukan tunggu anggaran.”

“Kesimpulanku sih, sebenarnya banyak orang Indonesia yang peduli. Cuma kebanyakan dari mereka enggan untuk memulai duluan, baru berani ikut aksi kalo diajak. Respek banget aku buat pandawara yang sudah mengajak orang-orang yang peduli dengan tanah air…”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya