Siapa Grup Pandawara yang Bersihkan Pantai Terkotor Kedua Se-Indonesia?

Pandawara Group
Sumber :
  • Instagram @pandawaragroup

Bandar Lampung – Pandawara Group, warga sekitar, dan Pemerintah Kota (Pemkot) membersihkan tumpukan sampah di Pantai Sukaraja, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung pada Senin, 10 Juli 2023. Meski diguyur hujan, mereka tetap bersemangat untuk membersihkan tumpukan sampah sejak tahun 2004 yang lalu.

Pemuda Tanggung Cekoki Siswi SMP Miras Lalu Diperkosa, Kini Mendekam di Penjara

Pemkot Bandar Lampung juga menurunkan ekskavator dan dump truk dinas lingkungan hidup (DLH) Bandar Lampung untuk mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan.

Pandawara dan masyarakat bersihkan Pantai Sukaraja, Bandar Lampung

Photo :
  • Pujiansyah (Lampung)
Kakek 73 Tahun Tewas dengan Kepala Hancur, Pemuda Kena Prank Nikahi Gadis Ternyata Pria Tulen

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan pemeliharaan Pantai Sukaraja bukan tanggung jawab pemkot, melainkan provinsi. Kebijakan itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yaitu di pasal 14 ayat 1.

Meski begitu, Eva Dwiana menjalaskan bahwa kebersihan dan kesehatan lingkungan adalah tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

Moeldoko Sebut Anak Muda Harus Paham Tata Kelola Negara

Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Sukaraja ini diinisiasi oleh sekelompok pemuda bernama Pandawara Group. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas antara masyarakat dalam memelihara lingkungan terbebas dari sampah, salah satunya di bibir pantai yang ada di Indonesia.

Lantas, siapakah Pandawara Group?

Pandawara, aktivis bersih-bersih sampah ajak warga bersihkan sampah di Lampung

Photo :
  • Tangkapan layar Pandawara Group

Pandawara Group merupakan lima sekawan yang terdiri dari Rafli Pasya (22), Agung Permana (22), Gilang Rahma (22), Muchamad Iksan (21), dan Rifki Sa’dullah (22).

Diketahui bahwa mereka bersahabat dari SMA yang sama. Kegiatan aksi bersih-bersihnya sampah itu telah mereka tekuni sejak bulan Agustus 2022 lalu.

Mereka disorot saat membersihkan banjir yang terjadi di wilayah tempat tinggal mereka, di Kopo, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Aksi tersebut mereka lakukan dengan harapan aliran air dapat berfungsi dengan baik, sehingga tidak menimbulkan banjir.

Dalam sebuah wawancara bersama Denny Sumargo, Gilang menjelaskan arti dan makna di balik pemberian nama Pandawara.

Menurut Gilang, Pandawara sendiri terdiri dari dua suku kata yakni ‘Panda’ dan ‘Wara’. ‘Panda’ diambil dari kisah tokoh pewayangan Mahabarata yang berarti lima, sementara ‘Wara’ berasal dari Bahasa Sunda yang bermakna baik.

Jadi Pandawara adalah ‘lima pemuda yang membawa kabar baik’. Bukan berharap untuk mendapatkan pujian, kontennya bersih-bersih sampah yang di bagikan ke media sosial agar masyarakat Indonesia lebih peduli lagi akan kebersihan lingkungan terutama sungai. Karena kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

Dapat penghargaan

Pandawara Group

Photo :
  • Instagram @pandawaragroup

Video aksi bersih-bersih sampah Pandawara Group berhasil membuat mereka mendapatkan penghargaan TikTok Local Heroes dalam penghargaan Year on TikTok 2022.

Penghargaan ini diberikan karena aksi mereka yang sangat menginspirasi dan membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga turut mengapresiasi aksi Pandawara Group dengan mengunggah kegiatan mereka di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil.

Kini akun Instagram Pandawara memiliki 1,4 juta pengikut, sementara akun TikToknya memiliki 7,2 followers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya