Empat Tahun Dikebumikan di Ma'la, Jenazah KH Maimun Zubair Masih Utuh

Empat Tahun Dikebumikan di Ma'la, Jenazah KH Maimun Zubair Masih Utuh
Sumber :
  • Tiktok

Jakarta – KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Maimun meninggal dunia di Mekah, Arab Saudi dan jenazahnya dikebumikan di kompleks pemakaman Ma’la pada Selasa 6, Agustus 2019 lalu.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Meski telah wafat hampir 4 tahun, kabarnya jenazah Mbah Maimun masih maujud atau utuh saat makamnya dibongkar oleh pemerintah Arab Saudi.

KH Maimun Zubair alias Mbah Moen.

Photo :
  • vstory
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Diketahui lantaran terbatasnya lahan pemakaman di Ma’la, makam wajib dibongkar tiga atau empat tahun sekali. Nantinya, jenazah yang telah hancur akan dipindahkan, adapun jenazah yang masih utuh tetap dibiarkan pada tempatnya. Kendati demikian tidak diketahui akan dibawa kemana tulang belulang yang sudah diangkat.

Hal ini diketahui melalui video yang dibagikan akun TikTok Choiril Himam. Dalam video tersebut dinarasikan bahwa jenazah Mbah Maimun masih utuh saat kuburnya dibongkar pada Minggu, 23 Juli kemarin.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

“Masyaallah makam waliyullah Mbah Maimun Zubair jasadnya masih utuh ketika mau dibongkar,” tulis keterangan video seperti dilihat Senin, 24 Juli 2023.

Perekam video mengatakan, informasi soal utuhnya jazad KH Maimun Zubair didapat langsung dari petugas pemakaman yang membongkar langsung makam tersebut.

“Kami salah satu jemaah haji kloter terakhir mendengar kabar bahwa makam KH Maimun Zubair akan dipindah. Setelah saya cek dan saya tanyakan, insyaallah jawaban oleh petugas, katanya ‘KH Maimun masih maujud, Insyaallah beliau tidak akan dipindah,” demikian ujar orang yang merekam video

Untuk meyakinkan pernyataannya, perekam video juga menghampiri petugas pemakaman dan memintanya menyampaikan langsung melalui video.

“Mainum maujud, seikh Maimun maujud, maujud,” ujar petugas pemakaman

Sejak artikel ini dibuat, video telah ditonton lebih dari 778,4 ribu kali, disukai 35,8 ribu dan dipenuhi 904 komentar.

Mayoritas komentar mendoakan jenazah Mbah Maimun agar selalu diberi lindungan. Sebagian lagi mengaku rindu dengan ceramah yang disampaikan ulama karismatik Nahdlatul Ulama tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya