Viral Polusi Udara Jakarta Kian Buruk, Ini Penjelasan KLHK dan BMKG

Suasana gedung bertingkat yang terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/nym.

JakartaDalam beberapa hari terakhir viral di media sosial bagaimana sejumlah netizen mengeluhkan polusi udara di Jakarta yang kian buruk. Bahkan polusi udara terlihat kasat mata.

Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Seperti yang diunggah akun @AnggaPutraF. Perbedaan foto langit Jakarta di siang hari. Antara yang terlihat biru pada tahun 2022 dan abu-abu kusam pada 2023 yang mengisyaratkan kualitas udara yang buruk.

"Banyak punggawa media sosial dan artis yang beberapa hari ini rame tentang polusi udara. Terus di grup kantor, ada yang share foto ini. Gw gak tahu ini punya siapa, kalau ada yang punya kasih tahu ya. Nah Gw cerita dari apa yang gw tahu," tulisnya di caption unggahan pada 8 Agustus 2023 lalu.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Lalu, apa sebabnya polusi udara di Jakarta kian buruk?

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mengungkapkan, angin muson timur yang membawa masa udara kering dari Benua Australia menuju Benua Asia telah meningkatkan efek pencemaran udara di Jakarta.

"Kalau dari segi siklus memang bulan Juni, Juli, dan Agustus itu selalu terjadi peningkatan pencemaran di Jakarta karena dipengaruhi oleh udara dari timur yang kering," kata Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Sigit Reliantoro dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 11 Agustus 2023.

Sejak 2019 hingga 2023, KLHK mencatat konsentrasi partikulat PM2,5 selalu menunjukkan angka tertinggi saat musim kemarau berlangsung.

Pada 2020, Bloomberg Philanthopics dan Vital Strategies menerbitkan laporan inventarisasi emisi pencemaran udara di Jakarta. Hasil inventarisasi emisi diperoleh bahwa total emisi pencemaran sulfur dioksida mencapai 4.257 ton per tahun.

Sumber penghasil emisi terbesar adalah sektor industri manufaktur dengan angka 2.637 ton per tahun atau setara 61,9 persen.

Sigit menjelaskan penyebab utama tingginya emisi sulfur dioksida yang dikeluarkan oleh industri manufaktur akibat penggunaan batu bara. Angka penggunaan batu bara hanya 4 persen, namun menghasilkan emisi sulfur dioksida sebesar 64 persen.

Sektor industri energi adalah penghasil emisi sulfur dioksida kedua terbesar dengan angka mencapai 1.071 ton per tahun atau setara 25,17 persen.

Berdasarkan hasil inventarisasi emisi sulfur dioksida di sektor industri energi berasal dari konsumsi bahan bakar minyak dengan rasio emisi bahan bakar minyak dan gas sebesar 27,95 persen.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena Sopaheluwakan menjelaskan saat musim kemarau kualitas udara cenderung kurang baik dan sudah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Masyarakat perlu mencermati siklus harian kualitas udara. Saat malam hari hingga dini hari menjelang pagi, kualitas udara cenderung tinggi dibandingkan siang hingga sore hari.

Ardhasena mengatakan fenomena lainnya yang juga menarik karena Jakarta merupakan wilayah urban dan ditambah musim kemarau. Kondisi itu menimbulkan fenomena lapisan inversi.

Lapisan inversi menahan pengangkatan udara ke atas (konveksi) sehingga dapat mengakibatkan terkumpulnya energi di dekat permukaan dan dilepaskan dalam bentuk thunderstorm yang kuat. Lapisan inversi juga dapat menyebabkan cuaca yang berkabut dan menahan polutan berada di dekat permukaan.

"Sekarang ini musim kemarau ada fenomena lapisan inversi. Ketika pagi cenderung lebih dingin di permukaan dibandingkan di lapisan atas, sehingga mencegah udara untuk naik dan terdispersi. Itu menjelaskan mengapa di Jakarta keliatan keruh di bawah dibandingkan di atas karena setting perkotaan yang dimana kita semua hidup bersama," pungkasnya. (Antara)

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya