Viral Pesawat Terbang Penyok dan Bolong Gara-gara Diserang Seekor Burung

Ilustrasi Pesawat
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA Trending – Siapa yang tak menyangka, jika pesawat terbang bisa dengan mudah mengalami kerusakan fisik, diluar sistem mesin dan lain sebagainya. Mengingat, bagian badan pesawat terbang telah dibuat dengan begitu kuat dan tidak mudah penyok dari berbagai benturan.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Terlebih, sebuah pesawat terbang dirancang sebaik mungkin, hingga bisa dipastikan mampun menahan dari berbagai tekanan hingga benturan dari hal-hal yang tidak memungkinkan bisa terjadi. Namun pada kenyataannya semua itu bisa saja terjadi di lapangan yang berhasil menunjukkan fakta mengejutkan, seperti yang terjadi pada video yang viral berikut ini.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Diketahui dari salah satu akun Instagram @Makassar_iinfo membagikan sebuah tayangan video singkat yang memperlihatkan kondisi bagian wajah pesawat terbang terpatuk burung, viral di media sosial.

Dalam penampakan video tersebut, hanya terlihat sebuah body pesawat bagian depan yang mengalami kerusakan di bagian sisi sebelah kiri. Pada bagian wajah, tepatnya area sekitar hidung pesawat terbang itu harus mengalami penyok hingga bolong akibat adanya serangan yang diduga dari benda-benda luar saat tengah melakukan penerbangan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Alih-alih terkena benda tajam dari luar, bagian hidung pesawat terbang itu penyok dikarenakan adanya serangan dari seekor burung. 

Pesawat Terbang

Photo :
  • Instagram

Tidak hanya mengalami sedikit kerusakan pada bagian wajah, tapi juga terdapat penyok yang cukup besar. Terlebih dari video beredar tersebut memperlihatkan adanya bangkai seekor burung berukuran besar yang menancap keras bagian hidung pesawat terbang. 

Dalam video tersebut, bangkai seekor burung itu berukuran besar hingga berhasil menancap dan mematuk dinding wajah pesawat terbang. Tidak hanya mengalami penyok dan berlubang, nyatanya pesawat terbang bagian depan tersebut harus mengalami keretakan akibat ditabrak oleh seekor burung di udara.

Untungnya, pesawat komersial tersebut sudah berhasil lebih dulu mendarat dengan selamat meskipun harus mengalami kerusakan pada bagian hidungnya. Dalam video tersebut tampak pesawat yang tidak diketahui maskapainya itu tengah melakukan pemeriksaan ulang akibat mengalami kerusakan.

Meskipun membuat sejumlah publik heran, bagaimana bisa sebuah pesawat mengalami kerusakan hanya karena diserang oleh seekor burung. Namun kenyataannya, fenomena tersebut bukanlah yang pertama kalinya.

Tragedi pesawat terbang ditabrak seekor burung sudah sering terjadi. Bahkan, Menurut Federal Aviation Administration (FAA), telah terjadi 28 insiden tabrakan dengan satwa setiap harinya di AS pada 2011.

Dari tabrakan tersebut, 97 persen melibatkan seekor burung. Sementara lainnya, adanya gangguan dari hewan darat yang tersesat di landasan. Sontak saja unggahan video tersebut langsung membuat warganet bereaksi. 

"Biasalah burung Indonesia vs pesawat Indonesia," tulis warganet.

"salah sasaran," kata pengguna media sosial lainnya.

"Yang jelas tidak turunki di phocinki," tulis warganet lain.

"Bukan sembarang burung," tandas lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya