Panglima Pajaji Suku Dayak Menyoal Masyarakat Rempang : Saya akan Turun Tangan!

Kericuhan memanas buntut sengketa lahan di Pulau Rempang dan Galang, Batam
Sumber :
  • Ist

VIVA Trending – Solidaritas suku suku asli, suku adat pada kisruh Rempang, Batam, Kepulauan Riau terus bergulir. Salah satunya dari Panglima Suku Dayak, Panglima Pajaji yang dikenal dengan nama Agustinus Lucky lantang menyuarakan solidaritasnya untuk masyarakat Rempang Batam.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Panglima Pajaji merasa senasib dengan warga Rempang karena perlakuan yang dilakukan petugas keamanan di Rempang. Tak hanya solidaritas, Panglima Pajaji bahkan siap mengerahkan pasukannya demi membela masyarakat adat Kepulauan Rempang di Kepri.

Panglima Pajaji Suku Dayak

Photo :
  • Istimewa
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

"Menyesalkan tindakan yang terjadi di Pulau Rempang. Saya sangat menyesalkan perbuatan aparat penegak hukum yang mengintimidasi masyarakat, yang ada di Pulau Rempang," kata Panglima Pajaji berdasar video di akun Facebook Panglima Pajaji, yang dilansir dari Tvonenews, Senin, 18 September 2023.

Bagi Panglima Pajaji aparat terlahir dari masyarakat dan dibesarkan oleh masyarakat."Anda aparat, para aparat. Anda-anda itu terlahir dari masyarakat dan sama seperti saya. Anda dibesarkan oleh masyarakat. Anda juga didirikan, dihadirkan karena masyarakat," kata Panglima Pajaji.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Sehingga tindakan represfif aparat justru menyakiti masyarakat. Panglima Pajaji memahami bahwa aparat hanya menjalankan tugas.  "Ya, saya tahu kalian menjalankan tugas. Tapi yang kalian lawan itu adalah rakyat, masyarakat kita yang ada di NKRI ini," katanya.

Lanjutnya, Panglima Pajaji juga menyampaikan pesan yang dituju untuk masyarakat Rempang untuk terus berjuang dan ia berjanji akan membantunya.

"Masyarakat Rempang, saudara-saudara saya yang ada di sana. Saya akan turun tangan langsung membantu kalian yang ada di Rempang. Saya akan hadir membantu saudara-saudara saya yang ada di Rempang," kata Panglima Pajaji.

Bentrok aparat vs warga di Pulau Rempang

Photo :
  • Dok. Istimewa

Panglima Pajaji lalu menyebut ancaman yang menurutnya paling berbahaya saat ini yang dialmi anak cucu dan generasinya, yaitu  penjajahan gaya baru. "Dan sekarang anak cucunya, generasinya yang diperjuangkan tanah leluhur, sekarang dijajah. Dijajah dengan gaya baru," katanya.

Pernyataan sebelumnya Panglima TNI Laksamana Yudo Margono prtintahkan anggotanya untik memiting rakyat Rempang dan videonya viral di media sosial. Lebh tepatnya, Ia menyatakan akan menerjunkan 1.000 personel TNI di Pulau Rempang dan miting masyarakat di sana

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya