Gaji Tak Dibayar 6 Bulan, Petugas Kebersihan RSUD Piru Maluku Ngamuk Hamburkan Sampah

Petugas Kebersihan RSUD Piru Maluku Ngamuk Hamburkan Sampah
Sumber :
  • Instagram

Maluku – Petugas kebersihan atau cleaning service Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Piru, Kabupaten Seram bagian Barat, Maluku, ngamuk menghambur-hamburkan sampah pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat puluhan orang petugas kebersihan ngamuk dan menghambur-hamburkan sampah di dalam area RSUD. Sampah yang dihamburkan tersebut tampak memenuhi pintu masuk hingga ke lobi RSUD.

RSUD Piru Maluku

Photo :
  • Google Maps
Stafsus Menkeu: Bea Cukai Bukan Keranjang Sampah

Dalam narasi video disebut para petugas kebersihan itu marah lantaran sudah 6 bulan gaji tidak kunjung dibayar. Perwakilan petugas kebersihan bernama Mince mengatakan terpaksa melakukan ini agar gaji mereka cepat diturunkan.

“Kalau tidak begini, kami tidak dapat gaji,” kata Mince dilansir dari Instagram Undercover.id Senin, 9 Oktober 2023.

Diagnosis Idap Vitiligo, Anjing Hitam Ini Berubah Jadi Warna Putih Pekat

Mince mengatakan direktur rumah sakit sudah lepas tangan dari persoalan tersebut. Bahkan ditunggu sejak pagi hingga siang hari tidak ada orang yang merespons.

“Kami terpaksa bertindak,” kata Mince

Selain itu, tindakan ini juga terpaksa dilakukan lantaran gaji mereka yang semula Rp 1 juta dipotong menjadi Rp700 ribu perbulan.

Dikabarkan, setelah protes itu, pihak RSUD Piru menyatakan akan membayar gaji 1 bulan terlebih dahulu, sisanya akan dilunasi kelak. 

Mendapat kabar tersebut, amarah para petugas kebersihan pun mulai mereda. Mereka kemudian membersihkan kembali sampah-sampah yang berserakan di area rumah sakit.

Sejak artikel ini dibuat video tersebut mendapat sorotan dari warganet. Tidak sedikit warganet yang mengecam pihak RSUD Piru yang tidak dapat memenuhi hak-hak para petugas kebersihan.

“Mereka selalu menjaga kebersihan, tp managementnya yg kotor,” komentar salah seorang warganet

Ilustrasi sampah.

Photo :
  • vstory

“Langsung lunas lah 6 bulan, kenapa harus bayar 1 bulan dulu, mana cukup itu, mana tau gaji yg 1 bulan buat bayar hutang waktu gaji 6 bulan belum dibayar, terus mereka makan apa ? Jangan dzolim lah kalian,” balas warganet

“BPJS lancar bayar tiap bulan, tapi hak pasien dan pekerja di rumah sakitnya tidak lancar.. kasihan sekali negara kita,” kata warganet

“Rumah sakit pemerintah pasti bermasalah mulu dari sektor pelayanan sampe CS pun ada problem,” komentar warganet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya