Otto Hasibuan Sebut Jessica Pilih Mendekam di Sel Tikus daripada Ngaku Membunuh Mirna

Pengacara Otto Hasibuan
Sumber :
  • Netflix

Jakarta – Pengacara Otto Hasibuan mengatakan beberapa tahun lalu dirinya menemui Jessica Wongso untuk membujuk wanita 35 tahun itu supaya mengajukan grasi agar masa penahanannya di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur bisa diringankan.

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Menurut Otto, hal ini sengaja ia lakukan lantaran prihatin dengan kondisi Jessica yang semakin memburuk akibat ditaruh di sel tikus. Sebutan untuk sel sempit yang dipakai untuk menghukum para narapidana yang membahayakan.

Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso (kiri) didampingi Penasihat Hukumnya Otto Hasibuan (kedua kiri) mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Photo :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

“Saya tanya sama Jessica, ‘Jes saya kasihan lihat kamu di dalam penjara, mungkin siapa tahu saya bisa meyakinkan presiden, ajukan lah grasi, siapa tahu diterima supaya kau bebas’,” ujar Otto dilihat dari tayangan YouTube Deddy Corbuzier, Senin 9 Oktober 2023.

Saat itu, kata Otto, Jessica sempat menanyakan apa syarat mengajukan grasi, namun ketika mengetahui syaratnya harus mengakui kesalahan telah menaruh sianida di cangkir Mirna, Jessica menolak. Sebab, sampai hari ini dia tidak merasa melakukan itu.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

“Dia bilang ‘saya tidak mau mengakui sesuatu yang tidak pernah saya lakukan, mau 10 tahun atau 20 tahun lagi saya jalin karena saya tidak melakukan pembunuhan,” papar Otto

Otto tidak berhenti begitu saja. Baru-baru ini atau tepatnya di tahun ketujuh Jessica ditahan, ia kembali menyambanginya. Pertanyaannya masih sama, apakah Jessica mau mengajukan grasi, namun lagi-lagi Otto mendapat penolakan.

“Beberapa hari yang lalu saya datang lagi, waktu itu mungkin baru 20 tahun (dipenjara) dia belum sakit, ini sudah 7 tahun saya datang lagi, saya tanya, hal yang sama dia jawab ‘om jangan tanya itu lagi, saya tidak mau, saya tidak mau mengakui satu hal yang saya tidak lakukan’,” cerita Otto 

Jessica Kumala Wongso

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Otto melihat kondisi Jessica di dalam sel tikus sangat memprihatinkan, kondisinya lemas hingga matanya kering. Namun, ia tetap bertahan di sana lantaran yakin dirinya tak melakukan apa yang dituduhkan.

“Jadi saya pikir seorang perempuan mulai diperiksa polisi hingga dimasukkan sel tikus, sampai matanya itu jadi kering nggak ngaku juga, polisi kita padahal ahli semua loh, teroris aja ditahan di sana (sel tikus) nggak kuat,” kata Otto.

“Jessica bertahan, dia dimasukkan sel tikus sampe sekarang dia bertahan, ini lah yang harus mendapat perhatian kita. Ini tragedi, ini sangat menyedihkan,” sambungnya.

Jessica Kumala Wongso, terdakwa pembunuh Wayan Mirna Salihin.

Photo :
  • Muhammad Solihin

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya