Baut Emas 24 Karat Dipasang di Bangunan Istana IKN, Jokowi: Jangan Dicongkel

Presiden Jokowi secara simbolis memasang modul pertama Garuda di IKN
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Kalimantan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasangkan baut berbahan emas 24 karat pada konstruksi Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Dalam unggahan video akun Instagram @folkshit, Jokowi menunjukkan benda kecil berbahan emas tersebut seranya mewanti-wanti supaya baut itu tidak dicongkel.

“Ini (baut) emas (24 karat) jangan coba-coba dicongkel,” ujar Jokowi, seperti dilihat Senin 9 Oktober 2023.

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Sebagai informasi, baut emas yang dipasang tersebut nantinya akan membentuk sayap burung garuda yang menjadi fasad dari gedung kantor presiden.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Desain Kantor Presiden di IKN didesain oleh seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta yang juga mendesain berbagai patung ikonik di beberapa wilayah di Indonesia seperti Garuda Wisnu Kencana (GWK), Tugu Proklamasi dan Patung Arjuna Wijaya atau patung kuda.

Selain menunjukkan baut berbahan emas, Jokowi juga mengatakan bahwa nantinya di depan Istana Presiden akan ditanam dua pohon beringin raksasa yang menunjukkan simbol keagungan.

“Di bawah tadi kita sudah tanem pohon beringin yang gede sekali 2, kanan dan kiri. Itu simbol keagungan,” kata dia

Jokowi berharap pembangunan di IKN dapat selesai dengan cepat. Ia pun berterima kasih kepada para investor yang telah menanamkan modalnya untuk pembangunan IKN.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Bersama Presiden Jokowi dan Para Menteri di IKN

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

"Saya mengucapkan terima kasih kepada investor yang telah menanamkan modalnya. Saya kira mereka menanamkan modalnya bukan tanpa kalkulasi, karena ini adalah investasi yang tidak sia-sia, pasti mau untung," jelas Jokowi.

Dalam keterangannya usai peninjauan, Presiden menyebut bahwa progres pembangunan kantor presiden tersebut cukup baik dan sudah mencapai 38 persen. Selain itu, Presiden juga menyampaikan bahwa pembangunan sejumlah infrastruktur yang ada di IKN tersebut masih sesuai dengan perencanaan.

“Semuanya masih sesuai dengan rencana, saya kira bangunan-bangunan seperti kantor presiden, istana presiden, kementerian, masih dalam target semua, sesuai rencana semua,” ujarnya.

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya