5 Fakta Makan Siang Jokowi Bersama Anies, Ganjar dan Prabowo di Istana

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024
Sumber :
  • Biro Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan tiga calon presiden (capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023 sekitar pukul 12.30 WIB.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Jokowi dan ketiga capres yang dipanggil terlihat kompak mengenakan kemeja batik. Jokowi mengenakan batik biru, Ganjar memakai batik merah, Anies dan Prabowo memaki batik warna cokelat.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Menu makan siang yang tersaji

Terlihat Jokowi duduk di sisi bagian barat meja, Ganjar berada di sebelah kanan Jokowi lalu di sebelah kiri ada Prabowo, dan di depannya ada Anies. Keempat orang itu duduk melingkar di meja makan.

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

Mereka tampak berbagi makanan dengan memutar meja makan itu. Kemudian yang terlihat menu makanan keempat orang penting itu yakni, nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk (es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula) dan jus jeruk.

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024

Photo :
  • Biro Setpres

Jokowi minta Anies coba makanan favoritnya

Suasana makan siang itu pun tampak akrab. Jokowi juga terlihat meminta para capres mencicipi hidangan yang tersedia. Salah satunya yakni Anies Baswedan yang duduk di hadapannya.

“Ini pak Anies dicoba,” kata Jokowi dilihat dari YouTube VIVA.

Pembicaraan Anies ke Jokowi

Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, membuka salah satu poin yang dibahas dalam makan siang bersama dengan Jokowi. Anies mengatakan, salah satu yang hal yang dibahas yaitu mengenai netralitas Presiden dalam Pemilu 2024.

"Kami tadi sampaikan kepada beliau, bahwa kami sering bertemu dengan banyak orang-orang yang sayang pada Pak Presiden, dan mereka-mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netralitas, di dalam pilpres, pemilu," kata Anies di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023

Menurut Anies, sikap netral dari Presiden selaku kepala negara dapat membuat Pilpres berjalan damai. Karena netralitas Presiden, Aparat, pejabat dan penyelenggara negara adalah hal yang penting dalam kontestasi Pemilu 2024.

Para cawapres akan bertemu Maruf Amin

Ganjar Pranowo mengatakan bakal 3 calon wakil presiden (cawapres) juga akan diundang bertemu dengan Wapres Maruf Amin. Ketiga cawapres itu adalah Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Adapun waktunya, Ganjar belum mengetahui pasti.

"Kalau nggak salah besok akan ada undangan cawapres akan bertemu dengan Wapres," kata Ganjar kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin, 30 Oktober 2023.

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024

Photo :
  • Biro Setpres

Prabowo senang bisa berkumpul

Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyampaikan pujiannya terhadap sikap Presiden Jokowi yang mau mengundang ia dan 2 capres lain.

Prabowo mengatakan, kalau tak ada undangan itu, mereka sulit untuk kumpul bersama. "Terima kasih diundang, kalau nggak diundang kita jarang bisa ngumpul ya," katanya kepada wartawan di Kompleks Istana, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya