Kondisi Ambulans Puskesmas Muara Gembong yang Tak Boleh Dipakai Korban Kecelakaan

Kondisi ambulans Puskesmas Muara Gembong, Bekasi
Sumber :
  • Instagram: @ndorobei.official

Bekasi – Viral di media sosial cuplikan video menampilkan korban kecelakaan diangkut menggunakan mobil box saat hendak dirujuk dari Puskesmas Muara Gembong, Kabupaten Bekasi ke rumah sakit pada Selasa, 19 Desember 2023.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Dalam narasi yang beredar, pihak puskesmas diduga tidak mengizinkan korban menggunakan ambulans, lantaran mobil tersebut dalam kondisi tidak baik.

"Pasien keadaan darurat minjem ambulans puskesmas Muara Gembong, mobilnya katanya bobrok. Kalo mobilnya bobrok besok-besok tim kesehatan tolong mobil seperti ini (ambulans) diganti aja ama yang baru nih," kata perekam video.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Korban Kecelakaan di Puskesmas Muara Gembong Bekasi

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Merespons kabar tersebut, Kepala Puskesmas Muara Gembong, Rahmat mengatakan bahwa mulanya pasien datang menggunakan mobil box dalam kondisi luka parah.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

“Kemudian kami yang jaga IGD melakukan pengobatan, kemudian melakukan pemeriksaan,” ujarnya seperti dilihat dari unggahan akun Instagram @ndorobei.official, Kamis, 21 Desember 2023.

Setelah dilakukan pemeriksaan, lanjut Rahmat, pihak puskesmas tidak bisa menangani secara optimal, lantaran dari luka korban terus mengeluarkan darah.

“Ternyata ada pendarahan di daerah kepala dan pada saat itu darah terus mengalir. Sehingga, oleh petugas diputuskan untuk merujuk ke rumah sakit umum daerah (RSUD),” terangnya.

Namun, saat pihak keluarga pasien hendak meminta ambulans untuk membawa korban, pihak puskesmas menjelaskan bahwa mobil tersebut tidak dilengkapi peralatan medis, sehingga tak dapat digunakan.

Dalam unggahan juga diperlihatkan kondisi mobil ambulans itu. Tampak mobil tersebut tidak bobrok alias masih dalam kondisi baik.

Namun saat bagian belakang dibuka, mobil itu tidak dilengkapi fasilitas medis, seperti tempat tidur untuk pasien atau brankar, tabung oksigen dan lain-lain.

“Kosong nggak ada oksigen, brankar,” ucap seseorang sambil membuka bagian belakang mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya