Ketua MUI Cholil Nafis Tegur Zulhas Soal Candaan Salat Berjamaah: Tak Lucu

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Cholil Nafis merespons viralnya pernyataan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) bernada candaan yang mengaitkan bacaan dalam shalat dan tahiyat akhir dengan politik.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Dalam potongan video yang viral, Menteri Perdagangan itu menyampaikan ada pihak yang tidak menjawab “Aamiin” usai imam salat membaca surat Alfatihah.

Mendag Zulhas Salat Idul Adha 1444 H di Masjid Al Husna, Komplek Cipinang Indah

Photo :
  • Dok. Istimewa
Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Adapun, hal tersebut disampaikan Zulhas saat menghadiri acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah, Selasa 19 Desember 2023.

Pada tahun politik ini, kata Amin sendiri kerap kali ditujukan kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 1 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

Menanggapi, hal tersebut, Cholil Nafis mengatakan bahwa candaan yang dilontarkan Zulhas kering alias tidak lucu.

Penulis buku ‘Kependudukan Perspektif Islam’ itu juga menyebut apa yang diucap Zulhas berpotensi menimbulkan perpecahan, sekaligus bagi sebagian orang akan menganggapnya sebagai pelecehan agama.

“Candaannya kering dan tak lucu. Mungkin bagi sebagian orang merasa agamanya dilecehkan atau bahkan ada yg menuntut minta maaf dan melaporkan,” ujar Cholil Nafis dikutip dari Instagram pribadinya @cholilnafis, Jumat, 22 Desember 2023.

Terlebih, sambung dia, hal ini diucapkan oleh seorang Zulkifli Hasan yang merupakan pejabat negara, sekaligus ketua partai politik besar. “Tak pas disampaikan Anda ituuuhhh,” imbuhnya.

KH M Cholil Nafis

Photo :
  • Instagram @cholilnafis

Terakhir, Cholil Nafis meminta kepada Zulhas untuk lebih bijak lagi melontarkan candaan dan menghindari guyon yang menyinggung soal agama.

“Pak @zul.hasan cari candaan dan humor yg lucu aja daahh. Jangan nyerempet2 agama gitu ya. Kini orang pada sadar dg politik rasional tapi anda bawa2 agama dlm candaan utk memilih paslon tertentu. Yahhhh,” pungkasnya.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya