Momen Cak Imin Ngaku Tak Mengetahui SGIE, Gibran: Maaf jika Pertanyaannya agak Sulit

Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Trending – Debat Cawapres 2024 berlangsung dengan lancar dan penuh kejutan. Begitupun dengan sosok Gibran Rakabuming Raka yang sukses membuat sejumlah publik terperangah dengan aksi panggungnya di Debat Cawapres 2024 tadi malam.

Ganjar Deklarasi Tak Mau Gabung Pemerintah, Gerindra Bilang "Tidak Akan Menghalangi"

Begitupun dengan berbagai pertanyaan yang diajukan kepada lawan Cawapres lainnya saat sesi tanya jawab tadi malam, Jumat 22 Desember 2023. Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka rupanya membuat warganet ketar ketir usai mendengar sebuah pertanyaan yang diberikan kepada Cawapres nomor urut 1 yaitu Muhaimin Iskandar.

Dalam pertanyaannya tersebut, Gibran bertanya perihal pertanyaan yang cukup sulit ke Cawapres Muhaimin Iskandar yakni soal SGIE (State of the Global Islamic Economy). Pada saat itu, Gibran bertanya bagaimana cara Muahimin Iskandar untuk meningkatkan peringkat SGIE Indonesia saat ini.

Wacana Prabowo Tambah Kementerian, Ketum Projo: Pokoknya yang Terbaik untuk Bangsa, Kita Dukung

Namun, tampaknya Cak Imin tak tahu menahu dengan pertanyaan yang diajukan Gibral soal singkatan dari SGIE.

"Terus terang saya kurang paham apa itu SGIE," jawab Cak Imin.

Ganjar Deklarasi Oposisi, Gibran: Enggak Apa-apa

Karena tak tahu apa itu SGIE, moderator pun bertanya apakah ada jawaban lain dari Cak Imin karena waktu untuk menjawab pertanyaan terus berjalan. Cak Imin pun bersedia untuk menstop waktu kesempatan untuk menjawab.

"Tidak apa-apa karena saya belum pernah mendengar SGIE apa," jawab Cak Imin.

Mendengar lawannya yang tak mengerti, sontak membuat Gibran  pun turut menjelaskan apa itu pengertian atau singkatan dari SGIE pada momen Debat Cawapres tersebut.

"Baik Gus kita kan sedang fokus untuk mengembangkan ekonomis syariah, makanan halal, skin care halal, otomatis kita juga harus paham SGIE apa itu. Jadi SGIE itu State of the Global Islamic Economy. misalnya sekarang yang sudah masuk 10 peringkat besar itu makanan halal kita, skincare halal kita , fashion kita itu yang saya maksud gus. Jadi mohon maaf jika pertanyaan agak sulit Gus," kata Gibran yang dikutip dari unggahan video viral di akun TikTok @kang.so_ra.

Pengertian SGIE

Pertanyaan Gibran terhadap Cak Imin seputar SGIE pun langsung menuai sorotan warganet. Tak sedikit dari mereka langsung mencari tahu, apa singkat dibalik kata SGIE tersebut. SGIE sendiri adalah praktik ekonomi syariah di Indonesia yang terus tumbuh di tengah tantangan pemulihan ekonomi nasional.

Terbukti, berdasarkan Data State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022 yang dirilis DinarStandard (31/3), Indonesia mempertahankan posisi keempat dunia dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi syariah yang kuat dan sehat.

Melalui SGIE Report 2022, produk makanan halal (halal food) Indonesia juga dilaporkan menempati peringkat dua dunia. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan tentunya bagi Indonesia, mengingat selangkah lagi bagi Tanah Air dapat menjadikan produk makanan halal Indonesia sebagai nomor satu di dunia.

Tak hanya itu, SGIE Report 2022 pun menunjukkan kemajuan Indonesia dalam inovasi di beberapa aspek ekonomi syariah lainnya. Sebelumnya, CEO DinarStandard Rafi-uddin Shikoh menjelaskan, meskipun tetap berada di peringkat yang sama seperti tahun lalu, Indonesia masih mengalami kenaikan signifikan di sektor makanan halal. Indonesia kini juga menduduki posisi kedua dalam sektor halal food.

"Indonesia mempertahankan posisi keempat di GIEI secara keseluruhan peringkat, Indonesia terus memperlihatkan kinerja yang baik dalam meningkatkan peringkat Halal Food," kata Rafi-uddin dalam peluncuran SGIE 2022 yang juga dilakukan secara daring pada 31 Maret 2023, mengutip salah satu sumber.

Reaksi Warganet

Lagi-lagi unggahan video yang memperlihatkan momen Cak Imin tak tahu menahu apa singkatan SGIE ini pun langsung mengundang reaksi warganet di media sosial.

"Ekonomi udah bener gibran jwb nya... masa yg dukung no1 bilang nya singkatan Inggris dibaca indo," tulis warganet.

"utk sekelas ketum partai islam besar masa gak tau SGIE," timpal lainnya.

"Sekelas cawapres gatau sgie," kata lainnya.

"sebenarnya itu ekonomi syariah aja, tapi ngapain pake segala SGIE sih," tulis lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya