Kisah Tragis Pasangan Tom Cruise di Film Populer Top Gun 1986, Kelly McGillis

Kelly McGillis dan Tom Cruise di film Top Gun 1986
Sumber :
  • USA Today

VIVA – Top Gun merupakan film drama aksi Amerika tahun 1986 yang disutradarai oleh Tony Scott dan diproduksi oleh Don Simpson dan Jerry Bruckheimer, dengan distribusi oleh Paramount Pictures

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Skenarionya ditulis oleh Jim Cash dan Jack Epps Jr., dan terinspirasi oleh artikel berjudul Top Guns, yang ditulis oleh Ehud Yonay dan diterbitkan di majalah California tiga tahun sebelumnya. 

Film ini dibintangi oleh Tom Cruise sebagai Letnan Pete "Maverick" Mitchell, seorang penerbang angkatan laut muda di atas kapal induk USS Enterprise. 

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Dia dan petugas pencegat radarnya, Letnan (kelas junior) Nick "Goose" Bradshaw (Anthony Edwards), diberi kesempatan untuk berlatih di Sekolah Senjata Tempur (Top Gun) Angkatan Laut Amerika Serikat di Pangkalan Udara Angkatan Laut Miramar di San Diego, California. 

Film ini juga didukung aktris Kelly McGillis yang berperan sebagai astrofisikawan dan instruktur Top Gun, Charlotte "Charlie" Blackwood. Di film tersebut, dia menjalin kisah asmara dengan sosok Maverick yang diperankan Tom Cruise.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Top Gun dirilis pada 16 Mei 1986. Setelah dirilis, film ini mendapat tinjauan beragam dari kritikus film, namun meskipun demikian, efek visual dan soundtrack-nya mendapat pengakuan universal.

Empat minggu setelah dirilis, jumlah bioskop yang menayangkan film tersebut meningkat sebesar 45 persen. Meskipun reaksi kritis awalnya beragam, film ini sukses secara komersial, meraup $357 juta secara global dengan anggaran produksi sebesar $15 juta. 

Top Gun menjadi film domestik dengan pendapatan tertinggi pada tahun 1986. Film ini mempertahankan popularitasnya selama bertahun-tahun dan mendapatkan rilis ulang IMAX 3D pada tahun 2013. 

Selain itu, soundtrack film tersebut telah menjadi salah satu soundtrack film paling populer hingga saat ini, mencapai sertifikasi 9× Platinum. Film ini memenangkan Academy Award dan Golden Globe untuk "Take My Breath Away" yang dibawakan oleh Berlin. 

Pada tahun 2015, Perpustakaan Kongres Amerika Serikat memilih film tersebut untuk disimpan di National Film Registry, dan menganggapnya "penting secara budaya, sejarah, atau estetika". 

Jika Tom Cruise masih wara-wiri di industri film Amerika, Bagaimana dengan Kelly McGillis yang namanya seakan-akan tenggelam dan menghilang dari industri film Amerika? Berikut ini profil Kelly McGillis dan kisah tragis yang menghampiri hidupnya.

Profil Kelly McGillis

Pemeran Top Gun 1986, Kelly McGillis.

Photo :
  • Silver Screen Magazine

Aktris bernama lengkap Kelly Ann McGillis ini lahir pada 9 Juli 1957. Dia merupakan salah satu aktris Amerika yang dikenal karena perannya sebagai Rachel Lapp di Witness (1985), di mana dia menerima nominasi Golden Globe dan BAFTA.

Namanya kian berkibar saat berperan sebagai Charlie di film Top Gun (1986), dan sebagai Kathryn Murphy di Terdakwa (1988). Dia juga bermain di film Made in Heaven (1987) dan The House on Carroll Street (1988).

Tercatat di sepanjang kariernya, dia telah terlibat di puluhan film. Baik sebagai pemeran utama, ataupun cameo. Film terakhirnya adalah Blue pada tahun 2015.

Saat sekuel Top Gun diumumkan secara resmi pada tahun 2017, nama Kelly McGillis tidak dilibatkan. Padahal Tom Cruise kembali mengulangi perannya sebagai Pete "Maverick" Mitchell.

Dalam wawancara kepada Entertainment Tonight pada musim panas tahun 2019, Kelly mengatakan tidak terlibat di film itu bukanlah keputusan yang sulit baginya. Apalagi dia memang ditawari oleh produser.

"Saya sudah tua, saya gemuk, dan saya terlihat sesuai dengan usia saya. Saya lebih memilih merasa benar-benar nyaman dengan diri saya dan seperti apa saya pada usia saya," kata Kelly.

Sekuelnya, Top Gun: Maverick, di mana Cruise mengulangii perannya, akhirnya dirilis 36 tahun kemudian dari film pertama, pada 27 Mei 2022. Dan kesuksesannya melampaui film aslinya baik secara kritik maupun komersial.

Kisah Tragis Kelly McGillis

Di balik kariernya yang gemilang, Kelly McGillis ternyata memiliki kisah tragis. Terjadi pada tahun 1982, empat tahun sebelum film Top Gun 1986. Terjadi ketika dia tinggal di apartemen New York City sambil belajar akting di sekolah bergengsi, Juilliard School.

Suatu malam saat dia sedang sendirian di rumah, tiba-tiba dua pria mabuk Menerobos masuk ke apartemen. Kedua orang itu kemudian memukul, meludahi, dan melakukan pelecehan seksual secara brutal terhadap McGillis dengan todongan pisau.

Pasca peristiwa itu, polisi melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku. Satu pelaku yang mengaku bersalah menjalani hukuman tiga tahun penjara, sementara satu pria lainnya dibebaskan karena kurangnya bukti. 

Insiden itu membuat McGillis sangat terluka secara psikologis. Dalam upaya mati-matian untuk mengatasinya, dia kecanduan serius terhadap alkohol dan berat badannya bertambah 30 pon. 

Ilustrasi depresi.

Photo :
  • dw

Pada tahun 1984, McGillis mengatakan dia mencari terapi karena dia "lelah menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang tidak saya lakukan, dan saya menyadari bahwa saya tidak akan memiliki masa depan jika saya tidak berhenti."

Bertahun-tahun kemudian, produser The Accused mendekati McGillis untuk memainkan peran sebagai seorang wanita yang mengalami pelecehan seksual di bar sementara orang-orang hanya diam dan membiarkan hal itu terjadi. 

McGillis menolaknya karena, seperti yang dia katakan kepada People, "Saya telah menjadi korban dalam kehidupan nyata dan tidak perlu membuatnya kembali di layar." Sebaliknya, dia mengambil peran lain – yaitu sebagai asisten jaksa wilayah yang mengadili kasus tersebut.

Kelly McGillis dan Tom Cruise di film Top Gun 1986

Photo :
  • USA Today

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya