Profil Dewi Kartika, Ahli Agraria Jadi Panelis Debat Cawapres Kedua Pilpres 2024

Dewi Kartika
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan beberapa hal di debat cawapres kedua mendatang, mulai dari lokasi, tema hingga panelis dan moderator. Untuk debat cawapres pilpres 2024 mendatang bakal digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada Minggu, 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB.

Nasdem vs PAN di Sidang Sengketa Pileg, Hakim MK: Dari Pilpres Sudah Berbeda

Begitupun sederet nama yang bakal jadi panelis dalam debat cawapres kedua ini terdapat 11 nama yang sudah ditetapkan oleh KPU RI. Satu di antara panelis yang terpilih untuk debat cawapres minggu ini adalah Dewi Kartika. Lantas, seperti apa sosoknya? Simak untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya berikut ini.

Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

Profil Dewi Kartika

Sebelumnya, Dewi Kartika adalah seorang ahli agraria. Dia saat ini menjabat sebagai sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) periode 2021-2025.

Prabowo Belum Ketemu PKS, Gerindra: Nggak Ada Hambatan Psikologis, Kemungkinan Soal Teknis

Mengutip laman landcoalition.org, panelis debat cawapres satu ini, yakni Dewi Kartika adalah seorang aktivis agraria yang hingga saat ini masih aktif terlibat dalam berbagai kampanye pendidikan dan organisasi kemasyarakatan.

Diketahui, dirinya bergabung dengan KPA sudah sejak pada 2007 lalu. KPA sendiri merupakan  sebuah organisasi kerakyatan di Indonesia yang secara konsisten memperjuangkan reforma agraria.

Dewi Kartika mendapat beasiswa studi transisi agraria di Institute of Social Study (ISS), Den Haag, Belanda pada 2011. Dalam diskusi publik bertajuk "Konflik Agraria di Tengah Geliat Pembangunan Strategis Nasional" yang digelar pada September 2023, Dewi Kartika menjelaskan ada lima masalah atau krisis agraria di Indonesia.

Saat ini dirinya merupakan bagian dari Dewan Global Internasional Land Coalition (ILC) dari Asia. Demikian itu tadi sedikit profil yang bisa kami sampaikan tentang sosok panelis debat Dewi Kartika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya