Viral di Cileungsi, Ini 5 Fakta Serem Kuyang, Hantu Kepala Terbang Incar Darah Bayi

Kuyang
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Heboh video penampakan kuyang di media sosial. Dinarasikan diduga kuyang tersebut mendatangi rumah warga di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Video tersebut viral dan membuat heboh dalam beberapa hari terakhir. Meski sudah dibantah oleh pemilik rumah, jadi banyak orang yang penasaran dengan kuyang.

Sebenarnya apa itu kuyang? Berikut lima fakta serem kuyang dilansir dari berbagai sumber

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

1. Hantu Kepala Tanpa Tubuh

Klarifikasi soal kuyang di Cileungsi

Photo :
  • Instagram @infocileungsiid
Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Kuyang merupakan sosok iblis atau siluman yang menampakkan bagian kepala dan juga organ tubuh. Kuyang adalah makhluk halus berkepala perempuan yang tidak memiliki tubuh. Jadi, dari kepala langsung nyambung ke organ tubuh tanpa tertutup kulit atau tulang dan daging.

Sosok Kuyang sendiri cukup menakutkan. Kepala terbang, berambut panjang, berwajah pucat, ditambah organ-organ tubuh, penuh darah, dari leher ke bawah menggelantung tanpa badan.

Karena tidak memiliki kaki untuk melangkah atau loncat seperti pocong, Kuyang memiliki kemampuan lain, yakni terbang.

2. Punya Banyak Nama di Indonesia

Siluman Kuyang adalah semacam makhluk halus yang diceritakan secara turun temurun di tengah masyarakat Indonesia. Kalau di Kalimantan namanya Kuyang, di Jawa ada Glundhung Pringis, Jrangkong, Cumplung dan lain-lain. Sementara itu di Sumatera sosok hantu seram ini dikenal dengan nama Palasik.

Tapi sebenarnya kuyang tak hanya ada di Indonesia, tapi juga menjadi cerita rakyat hampir seluruh negara kawasan Asia Tenggara. Warga Kamboja memanggilnya Ahp, lalu di Laos diberi nama Kasu, sedangkan di Thailand sosok ini sangat populer dan disebut Krause.

3. Incar Darah Bayi

Kuyang biasanya sosoknya perempuan dan keluar malam hari, mencari darah dari anak bayi atau ibu yang baru melahirkan. Siluman ini dipercaya sebagai wanita yang kena kutukan karena dosa-dosa yang dilakukannya selama masa hidupnya.

Kuyang diceritakan sering terbang di malam hari untuk mencari darah bayi atau darah wanita yang baru saja melahirkan. Kuyang hanya memakan darah saja.

4. Demi Kesaktian dan Awet Muda

Kuyang si hantu wanita dari Kalimantan.

Photo :
  • Youtube BarsiliZone

Konon katanya, jika Kuyang telah makan maka kemampuannya akan lebih sakti dan tidak akan bisa dikalahkan oleh kemampuan atau kekuatan apapun. 

Menurut cerita yang berkembang di wilayah Kalimantan, Kuyang bukanlah sosok iblis sepenuhnya, melainkan manusia yang sedang mendalami ajaran ilmu hitam. 

Pada siang hari ia akan terlihat seperti orang biasa, namun pada saat malam hari akan berubah menjadi Kuyang. Ilmu yang didalami konon katanya adalah ilmu awet muda dan keabadian.

5. Kelemahan Kuyang

Bawang Putih

Photo :
  • Pinkvilla

Kuyang konon punya kelemahan yang bisa dikalahkan. Bawang putih dan bawang merah dipercaya dapat menjauhkan manusia dari gangguan Kuyang. Jika seseorang mengantungi bawang merah dan bawang putih, tidak akan didekati Kuyang. Iblis menakutkan itu sangat benci dengan bawang merah dan bawang putih. 

Tidak hanya itu saja, jika Kuyang sudah tampak dan mengganggu, masyarakat percaya bahwa sapu ijuk bisa dipakai untuk mengusirnya. Selain itu membunyikan perabotan rumah tangga seperti panci atau wajan dipercaya dapat mengusir Kuyang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya