Viral Seorang Anak Menolak Diumrahkan Gratis Demi Rawat Orangtua yang Sepuh

Gus Iqdam
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Trending – Baru-baru ini viral di media sosial memperlihatkan potongan video sebuah acara pengajian yang diadakan oleh Gus Iqdam. Dalam sebuah acara pengajian yang dihadiri banyak jemaah wanita tersebut sukses menuai decak kagum warganet.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Bagaimana tidak, acara pengajian yang kerap diadakan oleh Gus Iqdam ini tak jarang memberikan sebuah rezeki untuk para jemaahnya yang hadir di tempat. Seperti salah satunya memberikan rezeki berupa umrah gratis bagi jemaahnya.

Sayanngya, tak semua rezeki yang ditawarkan melalui Gus Iqdam diterima hangat oleh jemaah. Bahkan, seperti baru-baru ini tawaran umrah gratis yang diberikan oleh sang ustaz kondang tersebut justru mendapatkan penolakan dari seorang wanita.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Seperti yang dilihat dari unggahan video viral dibagikan akun Instagram milik @video.kajian.sunnah ini.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Menolak Umrah Gratis

Salah satu orang yang beruntung namun menolak rezeki yang diberikan dari sang Ustaz adalah Ibu Surip. Ibu Surip merupakan salah satu jemaah yang hadir dalam pengajian yang diadakan oleh Gus Iqdam. Ia merupakan seorang janda yang sudah ditinggal suaminya karena meninggal dunia.

Setelah suaminya dulu meninggal, Bu Surip kini hidup bersama sang ibunda tercinta yang sudah tua yaitu menginjak usia 90 tahun.  Menurut keterangannya, Bu Surip memiliki tiga orang anak, namun anak pertamanya juga telah meninggal dunia seperti suaminya. Sementara, kedua anak lainnya tinggal di Jakarta dan di Gandu.

Bikin Hati Gus Iqdam Tersentuh

Memiliki kisah hidup yang cukup pilu, jadi alasan Gus Iqdam memberikan tawaran umrah gratis kepada ibu paruh baya ini. Ia dinilai gigih karena mau mengasuh sang ibu di usianya yang sudah lanjut.

Ajakan umrah gratis kepada Ibu Surip ini berawal dari momen Gus Iqdam yang mengajak berbicara seorang jemaah wanita di acara pengajiannya. Alih-alih langsung mengiyakan tawaran menarik tersebut, wanita paruh baya ini justru ingin lebih dulu meminta izin kepada sang ibu. Hal tersebut sengaja ia lakukan, karena tidak tega meninggalkan sang ibu seorang diri dalam waktu yang cukup lama.

"Nggak bisa, karena Mbokke (ibu) sudah tua. Tanya Mbokke dulu. Mbokke sudah tua 90 tahun," jelas Bu Surip dengan menggunakan bahasa Jawa.

Sontak saja mendengar jawaban tulus dari Bu Surip langsung membuat Gus Iqdam diam dan tertegun. Pria berpeci hitam ini tak menduga, bahwa tawaran menariknya itu justru ditolak oleh jemaah pengajiannya. Hal tersebut karena lebih besarnya rasa cinta Bu Surip kepada sang ibunda yang sudah lanjut usia.

Meskipun menolak untuk diumrahkan secara gratis, Gus Iqdam tetap memberikan hadiah dalam bentuk yang lain untuk wanita hebat penuh inspirasi ini.

"Karena sayangnya kepada ibunya, diumrahkan gratis menolak, Anda memang istimewa luar biasa," puji Gus Iqdam kepada Bu Surip.

Gus Iqdam pun sontak langsung memberikan uang sejumlah Rp 3 juta kepada Bu Surip yang didapatkan dari para jemaah yang hadir di pengajian tersebut.
 


Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang viral di media sosial ini pun menuai beragam reaksi warganet di media sosial.

"Beruntung sekali ibu ini masih punya ibu, sehat semua ibu ibu di dunia aamiin," tulis warganet.

"Ibunya ga perlu umroh, sebab dia udah punya kunci syurga," kata lainnya.

"ibunya sebaik apa ya dlu smp anaknya sebegitu memikirkan ibunya, padahal ini umroh gratis, keren banget sih salut berhasil sekali mendidik anak," timpal pengguna lain.

"Merawat org tua sangat utama...kalo rejeki umroh bisa dijalani kalau ibunya ikut diajak dn terlayani," kata lainnya.

"Bahkan saat ibu ini memilih menjaga orang tuanya dia sudah mendapatkan pahala melebihi umroh," seru pengguna lainnya.

"Dia lebih mendapat pahalanya, merawat menyayangi surganyaaaa," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya