Sosok Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir yang Nyaris Baku Hantam di Depan Warga

Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir Nyaris Baku Hantam di Acara Pelantikan Kades
Sumber :
  • Istimewa

Rokan Hilir Bupati Rokan Hilir (Rohil), Aprizal Sintong terlibat perkelahian hingga nyaris baku hantam dengan wakilnya, Sulaiman saat menghadiri acara pelantikan Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rohil, Riau Kamis, 1 Februari 2024.

Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

Aksi pertengkaran Bupati dan wakilnya itu viral di media sosial dalam bentuk rekaman video Jumat, 2 Februari 2024.

Afrizal Sintong mengatakan, keributan itu bermula ketika Sulaiman datang terlambat. Namun, dia langsung marah-marah. Menurutnya, Sulaiman datang untuk menggagalkan acara pelantikan tersebut. Niat itu, kata dia, sengaja dilakukan untuk mempermalukan Afrizal selaku Bupati Rohil.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

“Acara sudah mulai. Dia datang macam orang kesurupan. Dia bilang, Kenapa saya tak melapor sama dia, karena katanya itu wilayah dia,” ucap Afrizal.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Sebaliknya, menurut pengakuan Sulaiman, sejak akhir tahun 2023, dirinya merasa sudah tak dihargai Afrizal. Hal ini, kata dia, lantaran dirinya jarang dilibatkan dalam kegiatan apapun.

“Saya dizalimi oleh Bupati. Contohnya, sejak pelantikan-pelantikan 2023 saya tidak pernah diikutsertakan. Saya diam,” kata Sulaiman.

Sosok Afrizal Sintong

Afrizal Sintong lahir di Kecamatan Tanah Putih, Rohil 15 Juni 1976. Dia menjabat sebagai Bupati Rohil sejak 2021-2024. Dia diusung Partai NasDem, PKB dan Partai Berkarya.

Afrizal dilantik bersama Wakilnya, Sulaiman oleh Gubernur Riau, Syamsuar di Balai Pelangi (Kediaman Gubernur Riau), Pekanbaru pada Selasa, 8 Juni 2021.

Pelantikan tersebut dilakukan menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 131.14-1042 tahun 2021.

Sebelum menjabat Bupati, alumni Universitas Islam Riau ini sempat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir periode 2014-2019.

Selain menjadi Bupati, Sulaiman juga diketahui aktif berorganisasi, kini ia tercatat aktif menjabat Panglima Laskar Melayu Rokan Hilir. Jabatan ini diemban sejak 2016.

Sosok Sulaiman

Sama seperti Afrizal, Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman dilantik pada Selasa, 8 Juni 2021. Semenjak dilantik ini keduanya mulai dikenal sebagai pasangan AMAN akronim dari kata Afrizal-Sulaiman.

Sebelum menduduki jabatan tersebut, anak pertama dari 8 bersaudara ini sempat menjabat Kepala Bidang Pendataan dan Pelayanan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir sejak 2017 hingga 2020.

Sulaiman sempat keciduk tengah berduaan dengan wanita yang bukan istrinya di sebuah kamar hotel di Pekanbaru. Saat itu, dia terjaring operasi rutin Direktorat Reskrimum Polda Riau pada Mei 2023.

Setelah ditelusuri pihak kepolisian, wanita inisial DRS yang menemani Sulaiman merupakan salah satu anak buahnya di Dinas Pendapatan Daerah. DRS merupakan salah satu kepala bidang di dinas itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya