Viral Istilah ‘Menyala Abangku’ dan ‘Ilmu Padi’, Ternyata Ini Maknanya

Ilustrasi main HP.
Sumber :
  • TechnoPixel

Jakarta – Belakangan ini, istilah-istilah populer seperti "manyala abangku" dan "ilmu padi" menjadi tren di media sosial, sering digunakan sebagai pujian kepada seseorang. Istilah "manyala abangku" sering ditambahi dengan emotikon api di akhir kalimat, sementara "ilmu padi" biasanya diakhiri dengan emotikon padi.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Namun, tidak semua pengguna media sosial memahami makna sebenarnya dari kedua istilah tersebut, dan keduanya sering digunakan dalam berbagai konteks pembicaraan.

Melansir dari beberapa sumber, istilah “ilmu padi” dan “manyala abangku” kabarnya berawal dari sebuah video TikTok yang diunggah oleh akun bernama @mamangwinner. Video tersebut telah diunggah sejak 2021 dan kembali viral di awal 2024 ini.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Ilustrasi sekam padi

Photo :
  • Inhabitat

Videonya bahkan telah ditonton oleh 7.4 juta pengguna Tiktok dan mendapatkan tanda suka oleh 604.6 ribu pengguna. Melalui video tersebut, istilah “ilmu padi” dan “manyala abangku” biasa digunakan oleh anak-anak futsal.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Sementara itu, dari sumber lain menuturkan bahwa kedua istilah tersebut sering digunakan oleh para pemain sepak bola Indonesia. Diketahui mereka sering menulis komentar dengan istilah tersebut ketika temannya sedang mengunggah foto di media sosial.

Tentunya istilah tersebut mempunyai tujuan untuk memuji atau memberikan rasa hormat kepada pemain lainnya atas apa yang telah mereka lakukan. Kemudian kata “manyala” diketahui sebagai jargon dari klub bola Borneo FC dan sering digunakan oleh para pemainnya.

Istilah Menyala Abangku

Istilah “manyala abangku” mempunyai arti yang baik karena bernada pujian kepada seseorang. Diketahui kata “manyala” merujuk kepada keadaan benda yang bersinar atau terang dan biasanya dikaitkan dengan api, lampu, atau objek lain yang bercahaya.

Kemudian kata “abangku” merupakan sebuah panggilan akrab yang biasanya digunakan kepada seseorang yang lebih tua atau dihormati. Kata “Abangku” kerap digunakan dalam lingkungan pertemanan dan keluarga.

Sehingga, arti “manyala abangku” menjadi sebuah pujian kepada seseorang yang memiliki keistimewaan atau kemampuan yang menonjol dan membuat kita kagum. Istilah ini digunakan untuk memuji teman, saudara, pasangan, hingga idola.

Istilah Ilmu Padi

Petani menanam benih padi di sawah (Foto Ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Adapun istilah “ilmu padi” ternyata mempunyai arti atau makna yang sangat bijak jika digunakan. Ilmu padi mempunyai pesan bahwa seseorang penting untuk menjaga sikap rendah hati meskipun telah meraih kesuksesan atau memiliki pengetahuan.

Alasan penggunaan kata padi sendiri tidak jauh dari sifat tanaman tersebut yang semakin berisi tanaman itu semakin menunduk. Sehingga, maknanya menjadi simbol kerendahan hati bagi seseorang.

Istilah ini juga kerap digunakan oleh seseorang untuk mengajak mereka agar bersikap rendah hati. Terutama ketika memiliki pengetahuan yang tinggi atau berhasil meraih kesuksesan yang tinggi.

Biasanya istilah “ilmu padi” juga disertai dengan emoticon padi yang membuat pesannya semakin bermakna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya