Viral Video Lawas Mahfud MD pada Tahun 2019: Semua Pemilu Dituduh Curang oleh yang Kalah

Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md dan istri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA Trending – Kemenangan sementara yang diraih capres-cawapres paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari kedua kandidat lainnya ramai diduga adanya kecurangan dalam proses pemilihan suara. 

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Di tengah-tengah isu Pemilu 2024 yang diduga banyak kecurangan dari pihak yang bersangkutan, media sosial justru kembali dihebohkan sebuah video lawas pengakuan dari Mahfud MD terkait momen pemilihan suara ini.

Pada pengakuannya itu, cawapres paslon nomor urut 03 ini pernah mengungkapkan, bahwa semua pemilu dituduh curang oleh pihak yang kalah.  Pernyataan ini dibuat oleh Mahfud MD pada tahun 2019, saat beliau berbicara di acara ILC (Indonesia Lawyer Club) di TV One.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

“Pokoknya enggak ada benarnya KPU itu di mata yang kalah. Dan orang yang takut kalah itu selalu menyerang,” kata Mahfud dikutip dari laman akun Instagram @fakta.indo pada Jumat 16 Februari 2024.

Dalam video tersebut, Mahfud MD dengan lantangnya dan penuh pencerahan, menyatakan bahwa pihak yang kalahakan cenderung mengklaim adanya kecurangan dari adanya sebuah proses Pemilu.

“Nanti yang akan anda hadapi sesudah pemilu ini, sesudah pemungutan suara itu, tidak akan sampai dua hari, besoknya sudah akan muncul isu curang,” kata Mahfud lebih lanjut.

“Semua pemilu itu dituduh curang oleh yang kalah. Pokoknya yang kalah langsung bilang curang” lanjut Mahfud.

Lebih lanjut dari pernyataan Mahfud tersebut, bahwa ia menganggap dengan adanya kecurangan bukan berarti Pemilu harus dibatalkan.  Menurutnya, semua pihak sama-sama melakukan kecurangan. Hasil Pemilu hanya bisa dinyatakan batal manakala kecurangan itu signifikan.

“Sesudah diperiksa oleh pengadilan, kontestannya itu tidak curang. Yang curang itu di bawah. Dan curang di bawah itu adalah silang sama-sama curang. Semuanya curang,” kata Mahfud.

“Kalau anda kalah 5 juta suara, tapi hanya bisa membuktikan hanya seribu lima ratus suara, nah anda tetap kalah” kata Mahfud.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video viral di media sosial yang memperlihatkan momen Mahfud MD sebut semua pemilu itu bakal dituduh curang oleh yang kalah ini pun sukses menuai berbagai reaksi warganet.

"Masih ga percaya Abah Anis cuma dapet 25%, pdhl di kampungku gada yg pilih Beliau," tulis warganet.

"Beliau ini baik, tapi malah masuk banteng," seru lainnya.

"terima kasih yang sudah reupload video ini. udah gak perlu capek nunggu orang yang mau bilang gini," kata lainnya.

"MEMANG BETUL PEMILU KALI INI SANGAT BANYAK KECURANGAN. DI SETIAP TPS HARUS NYA 01 LAH YANG MEMILIKI SUARA YG BANYAK. KARNA ORANG PINTAR COBLOS AMIN, SALAM PERUBAHAN," timpal warganet.

"JANGAN NYALON KALO GA SIAP KALAH  udh siap dengan kemenangan tapi pada gasiap sama kekalahan," tulis lainnya.

"nah makanya kek kalo ada kesalahan dari KPU, lebih adem kalo timses paslon bawa narasi "KESALAHAN" bukan "KECURANGAN". kek bisa memecah belah umat gak sih kalo yg dibawa2 narasi "KECURANGAN" mulu?" tandas lainnya.

"Nah bener kata Prof, semua kubu 01, 02 dan 03 juga ada curang kecil2. Banyak beredar videonya. Tapi kalo 01 selisih 30% dan 03 selisih 40% dengan 02 ya uda terlalu jauh selisihnya. Mau curang sampai 1 juta suara pun gak ngaruh," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya