Soal Foto Nyentrik Komeng di Surat Suara Calon Anggota DPD RI, Begini Kata KPU Jabar

Komeng dan Raffi Ahmad.
Sumber :
  • Instagram @raffinagita1717

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akhirnya buka suara soal foto nyentrik yang digunakan oleh komedian Alfiansyah Komeng dalam surat suara pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) RI. 

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Komedian yang saat ini memilih terjun ke dunia politik tersebut menarik perhatian masyarakat usai pose foto nyelenehnya terpampang di surat suara DPD RI sampai viral di media sosial. Meski demikian, pihak KPU tidak ada masalah dengan foto yang dipakai Komeng. 

Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Komisioner KPU Jabar Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Pemilih, Hedi Ardhia. "Sebelum pencetakan sudah approval dari masing-masing calon," ujar Hedi pada Kamis, 15 Februari 2024. 

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Komeng dan Raffi Ahmad.

Photo :
  • Instagram @raffinagita1717

Hedi juga menjelaskan bahwa pemilihan foto Komeng sendiri tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan oleh KPU. Pihaknya telah berkoordinasi dengan semua calon untuk memilih foto mana yang akan diperlihatkan dalam surat suara. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Menurutnya, bisa jadi penggunaan foto tersebut adalah sebagai sebuah strategi untuk meraih banyak suara dalam pemilihan anggota DPD RI Jabar tersebut. "Di aturan (KPU) norma tidak ada yang dilanggar," katanya.

Kini, Komeng menuai keberuntungan dari pemilihan foto nyeleneh tersebut. Sebab, menurut data sementara dari perolehan suara, Komeng kini berada di puncak peraih suara dari total 54 calon anggota DPD RI yang bertarung di dapil Jabar. 

Komeng

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Menurut data real count KPU Jabar pada Jumat, 16 Februari 2024 sampai pukul 14.01 WIB, Komeng telah meraih suara sebanyak 920,350 atau sekitar 11,07% dari total surat suara yang masuk ke KPU sebanyak 42,63 persen. 

Hedi menyebut bahwa nantinya 54 kontestan DPD RI Jabar tersebut akan memperebutkan empat kursi yang tersedia. Dari DPT 35 juta lebih diperebutkan 54 orang dan yang diambil DPD 4 orang," katanya.

Untuk diketahui, dalam real count KPU Jabar ada artis Jihan Fahira berada di urutan ketiga dengan perolehan suara mencapai 353,323 atau setara 4,3%. Sementara urutan kedua Aanya Rina Casmayanti dengan jumlah suara 407,974 atau 4,91%. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya