Viral Ratusan Pemuda Membaca Alquran Penuhi Jalan Malioboro, Yogyakarta

ilustrasi baca alquran di jalan.
Sumber :
  • Denden Ahdani (Tasikmalaya)

VIVA Trending – Baru-baru ini media sosial dihebohkan sebuah pemandangan langka yang terjadi di Yogyakarta. Bukan pemandangan wisata kuliner ataupun baju yang berjajar rapi di pinggir jalan, kali ini jalanan dipenuhi para pemuda-pemudi yang beraksi membaca Alquran.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Diketahui dalam video yang beredar baru-baru ini di media sosial, lokasi diketahui berada di Malioboro, Yogkarta. Video berdurasi singkat yang dibagikan akun Instagram @taubatters ini lantas menimbulkan pro dan kontra sejumlah warganet di kolom komentar.

"Hari Sabtu di Bulan ramadhan, terlihat pemuda-pemudi penuhi jalan Malioboro Yogyakarta dengan masing-masing membawa mushaf Quran dan membacanya," tulis keterangan Instagramnya, dikutip VIVA.co.id pada Rabu, 20 Maret 2024.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid
Libur Lebaran 2024, Hostel Low Budget di Malioboro Kebanjiran Pesanan Wisatawan

Dalam narasinya unggahan Instagram tersebut, berbunyi bahwa pada hari Sabtu di bulan Ramadhan ini sejumlah pemuda penuhi jalan Malioboro Yogyakarta dengan masing-masing membawa mushaf Quran dan membacanya. Hal tersebut tentu menyambut momen bulan suci Ramadhan yang tengah mereka jalankan.

Dalam video yang beredar itu, terlihat jelas ratusan umat Muslim berdiri sambil membaca Alquran yang dibawanya ke lokasi tersebut dengan begitu khusyuk. Meskipun dalam video viral itu kondisi kota terlihat diguyur hujan rintik dan dinginnya cuaca, mereka tetap semangat melanjutkan tilawahnya di jalanan Malioboro, Yogyakarta.

Dilansir dari Instagram @taubatters, terlihat ratusan pemuda ini begitu khusyuk meluangkan waktu walaupun berada di tengah-tengah kesibukan kota. Mereka tetap memprioritaskan ibadah dan mengambil waktu untuk beribadah bersama-sama di tempat umum.

Didukung Masyarakat Sekitar

Menariknya, momen indah ini justru mendapat banyak dukungan dari masyarakat sekitar. Banyak orang yang berhenti sejenak dari rutinitas mereka untuk menyaksikan aksi yang menginspirasi ini.  Kehadiran mereka memberikan semangat tambahan bagi para pemuda-pemudi yang melintas di jalanan tersebut.

Reaksi Warganet

Sontak saja beredarnya video maupun foto yang viral di media sosial ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.

"Jogya Mengaji...anak muda yg mengisi kegiatan ramadhan dengan menabung pahala???? keren...sehat selalu anak anak semua Allah memberkati kalian selalu.aamiin," tulis warganet.

"MasyaAllah Gen Z yg dirindukan, selain beradab, agamais sehat selalu smua amin," kata lainnya.

"Seseru itu berlomba2 dalam kebaikan. Apalagi bareng sahabat. MasyaAllah. Barakallah," tulis lainnya lagi.

"Kenapq aku cinta banget sama ini Kota? Hari hari isinya ibadah. Selama aku di Jogja, temen ngajikanya pengajian terus. miss Yogya," tandas lainnya.

"Nah ini keren pemuda/i ini yang layak viral," tulis lainnya.

"Maa sya Allah, ini baru trend yang bagus. Semoga tetap bisa menjaga kemurnian niat dan aktivitasnya, semoga istiqomah," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya