Makeup, Alat Penunjang Kepercayaan Diri Para Wanita

set makeup
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan kata makeup, di mana makeup itu sendiri artinya kegiatan mengubah penampilan wajah dengan bantuan kosmetik. Dari wanita menginjak remaja hingga dewasa kini mengenal makeup, di antaranya seperti lipstik, maskara, pelembap, powder, blush on dan lainnya.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Makeup bukan hanya sekadar tata rias yang dipakai saat pernikahan atau acara-acara besar. Namun, makeup juga kebutuhan para wanita saat ini. Mulai dari kegiatan sehari-hari di dalam ruangan atau pun di luar ruangan.

Menurut Korichi, Pelle-de-Queral, Gazano, dan Aubert (2008) makeup memiliki dua fungsi secara psikologis, yaitu fungsi seduction dan fungsi camouflage. Fungsi seduction artinya seseorang memakai makeup untuk meningkatkan penampilan dirinya, atau menambah rasa kepercayaan diri.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Sedangkan, fungsi camouflage artinya seseorang memakai makeup untuk menutupi kekurangan diri secara fisik. Umumnya, orang-orang menggunakan makeup untuk memperindah diri dan menarik untuk dilihat orang lain.

Selain sebagai fungsi seduction dan dan camouflage, makeup juga dapat sebagai media untuk berekspresi. Saat seorang penulis dapat memasarkan karya tulisannya kepada para pembaca, seorang pelukis memamerkan lukisannya untuk dipandang oleh banyak orang.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Begitu pula seseorang yang bermakeup dapat menghasilkan tata rias yang indah dipandang dan menampilkan karakter dari si pemakainya. Berkembangnya zaman, orang-orang semakin kreatif dan inovatif dalam mengekspresikan sebuah makeup.

Seperti yang kita lihat saat ini banyak beauty influencer yang muncul di media sosial, mereka berkarya melalui makeupnya, melukiskan sebuah karya bukan di selembar kanvas namun di sebuah wajah dan menyatu padankannya dengan musik.

Di balik beberapa hal positif yang kita dapat dari makeup, ternyata berdampak negatif untuk kulit wajah kita jika terlalu sering menggunakannya. Menurut dr. Lula Kamal, beberapa efek yang ditimbulkan akibat sering menggunakan makeup yaitu seperti ketergantungan, iritasi dan flek hitam.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahan-bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kanker, gangguan hormon, depresi dan penuaan dini. Selain gangguan kulit lainnya, menggunakan makeup juga dapat menimbulkan pubertas dini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.