Kelezatan Gudeg Jogja yang Menggugah Selera

Kuliner Yogyakarta
Sumber :
  • vstory

VIVA – Gudeg telah dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya sebagai makanan khas dari kota Yogyakarta. Gudeg adalah makanan khas yang terbuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam dengan gula, kelapa serta santan. Dilengkapi dengan berbagai bumbu tambahan membuat gudeg ini menjadi terasa manis di dalam lidah dan mempunyai rasa khas yang enak. Dan pada umumnya cocok untuk selera masyarakat Jawa.

AHY Ungkap Isi Pembicaraan saat Gowes dan Sarapan Gudeg Bareng Jokowi di Yogyakarta

Gudeg biasanya juga dilengkapi dengan nasi putih dan berbagai macam lauk, Seperti ayam, telur rebus, tahu atau tempe, dan rebusan yang terbuat dari kulit sapi segar atau biasa dikenal dengan sambal goreng krecek. Uniknya dari masakan gudeg ini adalah kemasannya.

Jika kita berbelanja gudeg sebagai oleh-oleh makanan khas Yogyakarta, tidak jarang gudeg tersebut dikemas dengan menggunakan besek. Besek adalah bungkus yang terbuat dari anyaman bambu yang dibentuk menjadi sebuah persegi empat dan dapat digunakan sebagai tempat makanan.

6 Gudeg Enak dan Legendaris di Jogja

Selain itu, ada dua jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg basah tidak bisa bertahan lama sehingga harus segera dikonsumsi. Sedangkan gudeg kering bisa bertahan sampai 5 hari karena dimasak dengan lama di mana kuahnya benar-benar habis dan gudeg menjadi kering. Rasanya manis dan gurih.

Mantan Panglima TNI Andika Perkasa

Andika Perkasa Merespons Pertemuan Jokowi dengan AHY

Andika Perkasa merespons pertemuan antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang makan bersama Jokowi di Yogyakarta. Dia menyebut itu bagian dari hak masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.