Beras Coklat dalam Menu Vegan Ternyata Memiliki Beberapa Manfaat

Kuliner Nusantara
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pernahkah kalian mengonsumsi nasi coklat? Hampir sama dengan nasi merah, hanya saja warnanya yang berbeda. Tahukah kalian, bahwa beras coklat memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada beras putih yang biasa diolah menjadi nasi putih untuk menu makan sehari-hari.

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia

Menu nasi coklat banyak ditemukan dalam berbagai menu makan vegan atau vegetarian. Penasaran dengan khasiat yang terdapat dalam beras coklat? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Beras coklat mengandung banyak serat, karbohidrat, fosfor, vitamin B kompleks, kalium, mangan, selenium, dan magnesium. Kandungan tersebut berkhasiat bagi kesehatan tubuh, di antaranya yaitu:

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

1. Mencegah Risiko Terkena Penyakit Jantung

Mengonsumsi nasi coklat bisa membantu kita terhindar dari penyakit jantung. Hal ini dikarenakan beras coklat mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan jantung dan membuat pembuluh darah tidak tersumbat.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

2. Mengurangi Risiko Terkena Kanker Usus Besar

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Tingginya selenium di dalam beras coklat dipercaya mampu menurunkan risiko terkena kanker pada usus besar. Tak hanya selenium, kandungan serat di dalamnya juga membantu meningkatkan kesehatan usus besar dan melancarkan proses pencernaan.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam tubuh. Mengonsumsi nasi coklat dipercaya mampu membantu menurunkan kolesterol di dalam darah. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi di dalam beras coklat.

4. Menjaga Kesehatan Saraf

Mengonsumsi nasi coklat juga membantu kita dalam menjaga kesehatan saraf. Hal ini dikarenakan kandungan mangan di dalam beras coklat yang menghasilkan asam lemak dan memproduksi berbagai hormon yang dibutuhkan tubuh.

5. Membantu Menguatkan Tulang

Beras merah juga mengandung magnesium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang. Kekurangan magnesium di dalam tubuh bisa menyebabkan kepadatan tulang menurun dan rentan terkena osteoporosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.