Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Undip di Tengah Pandemi COVID-19

Mahasiswa Undip sedang mengunjungi lokasi KKN.
Sumber :

VIVA – Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih berlangsung, hal ini membuat hampir seluruh aktivitas yang dilakukan di luar rumah bertransmisi dilakukan dari rumah.

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya

Meski demikian, kegiatan KKN TIM II UNDIP 2021 masih tetap berjalan sebagaimana mestinya. Namun yang membedakannya yaitu, pelaksanaan KKN tahun 2021 ini dilakukan setengah online dan setengah offline.

Hampir seluruh mahasiswa yang mengikuti KKN melakukan kegiatan KKN di domisili asal masing-masing atau disebut dengan “KKN Pulang Kampung”.

Pemkab OKU Timur Sabet Opini WTP ke-12, Bupati Lanosin: Alhamdulillah

Tema KKN yang diangkat pada tahun ini yaitu “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”.

Kegiatan dan program yang dibawakan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021 mayoritas mengenai upaya-upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti bagaimana menggunakan masker yang baik dan benar, penerapan protocol kesehatan atau penerapan 5M, apa saja yang harus dilakukan saat isoman, serta jenis-jenis makanan maupun vitamin yang baik dikonsumsi ditengah pandemic Covid-19 ini.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Selain itu juga, program kerja KKN yang dibawakan juga menerapkan nilai-nilai yang ada pada SDGs.

Pelaksanaan Program Kerja KKN secara Online

Pelaksanaan Program Kerja KKN secara Online

Berlangsung ditengah pandemic covid-19, mayoritas mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021 pun melaksanakan programnya secara online atau dari rumah. Adapun beberapa kegiatan KKN yang dapat dilakukan dari rumah seperti membuat LRK, mengerjakan logbook mingguan, membuat reportase, dan mendesain postingan KKN.

Sedangkan, prorgam kerja KKN yang dilakukan secara online biasanya berbentuk webinar yang partisipannya terdiri dari teman satu kelompok KKN dan tentunya warga-warga setempat.

Namun, juga ada beberapa mahasiswa yang melakukan kegiatan dan program kerja KKNnya secara offline atau terjun langsung ke lapangan. Biasanya kegiatan dan program kerja yang dilakukan juga masih berkaitan dengan covid-19 seperti membantu keberlangsungan vaksinisasi di balai desa, melakukan penyemprotan disenfektan, membagikan starter-pack covid-19 yang terdiri dari handsanitizer, masker, jenis-jenis vitamin, dan lainnya. Sedangkan kegiatan dan program kerja yang SDGs, dilaksanakan sesuai dengan kondisi wilayah tempat KKN dan tentunya masih berkaitan dengan Covid-19.

Mengunjungi Lokasi KKN

Photo :
  • vstory

Meskipun terhambat oleh covid-19, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021 tetap melaksanakan kegiatan dan program KKN sebagaiman mestinya, hal ini membuktikan bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 ini tidak menghentikan mereka untuk tetap mengimplementasikan nilai-nilai pengabdian kepada masyarakat. (Penulis: Nadia Widianti)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.