Serikat Pekerja Demo Tolak Upah Minimum DKI

VIVAnews - Ratusan massa yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Elektronika dan Mesin menggelar aksi unjuk rasa di depan Balai Kota, DKI Jakarta, Selasa 8 Desember 2009 .

Mereka menuntut Pemerintah DKI Jakarta untuk merivisi Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2010, yang dianggap belum cukup untuk memenuhi biaya hidup di Jakarta.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi B DPRD yang membawahi masalah perburuan, M Thamrin mengatakan, dari hasil pertemuan dengan para pekerja, akhirnya mereka sepakat akan merevisi UMP 2010.

"Sudah sepekat untuk menolak surat keputusan gubernur tentang UMP 2010," ujarnya, Selasa 8 Desember 2009.

Pemerintah DKI Jakarta telah menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI sebesar 4,5 persen.

Sebelumnya, Upah Minimum Provinsi DKI tahun 2009, ditetapkan sebesar Rp 1.069.865, jumlahnya naik sekitar 10 persen dari UMP 2008 yang hanya Rp 972.604. Penetapan UMP baru diterapkan pada Januari 2010.

Sementara berdasarkan pantauan VIVAnews, aksi unjuk rasa ini membuat Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Kemacetan mulai terjadi sejak perempatan Gedung Bank Indonesia hingga di depan Balai Kota. Selepas Balai Kota, lalu lintas kembali lancar.

Hingga kini petugas lalu lintas maupun samapta masih bersiaga di lokasi unjuk rasa untuk mengamankan aksi tersebut dan melakukan pengaturan lalu lintas.

Tren Mengemudi di Kalangan Gen Z Menurun, Ini Kata Studi
Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak

Lawan Bali United Pindah Venue dan Tanpa Penonton, Begini Kata Pelatih Persib Bandung

Duel Persib Bandung melawan Bali United dalam leg pertama championship series mengalami perubahan lokasi pertandingan dan berlangsung tanpa penonton.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024