Satwa Dicekoki Miras Bisa Alami Gangguan Infus Saraf

Satwa Kuda Nil bernama 'Robby' yang dicekoki miras oleh pengunjung Taman Safari Indonesia Bogor menjalani pemeriksaan petugas.
Sumber :

VIVA – Satwa korban pencekokan miras oleh sekelompok muda-mudi menjalani pengecekan kesehatan oleh Tim medis Hospital Animal Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor, Jawa Barat. Pengecekan yang dipimpin langsung drh Fony Lalus menyebut akibat fatal alkohol dapat menyebabkan gangguan pada infus saraf satwa.

Taman Safari Indonesia Dilirik India

"Pengaruh alkohol sendiri berbahaya untuk satwa. Terutama efek sampingnya ya kepada satwa mamalia itu bisa menganggu infus saraf. Cuma sekarang kita teliti volumenya berapa banyak yang diberikan. Karena belum diketahui secara pasti," kata Fony kepada VIVA.co.id saat menyambangi kandang Kuda Nil, Kamis, 16 November 2017.

Fony menjelaskan, dalam proses pemeriksaan secara medis Tim medis mengamati tanda-tanda secara fisik. Selama pemeriksaan fisik, Kuda Nil yang diberi nama 'Robby' itu amat interaktif. Ia keluar dari dalam air dan membuka mulutnya  untuk makan.

Main ke Penangkaran Harimau Sumatera di Taman Safari Bogor, Ada Bank Spermanya!

Menurut Fony, sifat satwa liar berbeda dengan satwa domestik. Terutama saat terjadi gangguan pencernaan. Sebab, tanda-tanda sakit pada satwa liar akan timbul dalam proses cukup lama jika dipaksa mengkonsumi benda yang bukan makanan semestinya.

"Satwa liar itu berbeda dengan domestik saat gangguan pencernaan. Kalau melihat keadaannya sejauh secara klinis belum terlihat ya. Itu biasanya sudah parah dulu baru menunjukan gejala klinisnya," ujar Fony menjelaskan.

Ada Rumah Sakit Hewan Terbesar Se-Asia Tenggara di Taman Safari Bogor, Yuk Jenguk Penghuninya!

Terkait upaya pemulihan, Hospital Animal TSI akan merawat dan mengkonservasi hewan tersebut, termasuk pemeriksaan terhasap Rusa. Kendati masih terbilang normal, kata Fony, tidak menutup kemungkinan akan sakit

"Masih normal ya cuman sekarang masih dikonservasi dulu ke depannya.  Kejadian ini juga memang belum pernah terjadi. Untuk Kuda Nil sejauh ini belum terlihat gejala signifikan yang mungkin memburuk fisiknya itu sendiri," kata Fony.

Sebelumnya, video viral ulah sejumlah pemuda iseng saat berinteraksi dengan binatang. Dalam video yang diunggah di akun Instagram @makrumpita, tampak pemuda-pemudi tengah memberikan makanan sekumpulan rusa yang menghampiri mobil mereka.

Ironisnya, saat salah seorang pria di antaranya memberikan wortel, tiba-tiba ia menuangi minuman, diduga minuman keras ke rusa tersebut. Simak videonya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya