Komisi VI Minta Gubernur Jateng Amankan Dana PNPM

Anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso
Sumber :

VIVA.co.id – Penghentian kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)  akibat berlakunya UU Desa pada tahun 2015 disinyalir adanya potensi penyelewengan dana oleh aparat desa, kurang lebih dana tersedia sekitar Rp1,9 trilyun dari World Bank.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

"Kami meminta kepada Gubernur Jateng untuk mengamankan dana milik rakyat itu, kalau pemerintah dalam hal ini pemprov tidak mau mengambil alih, dana itu bisa diselewengkan," ujar Anggota Komis VI Bowo Sidik Pangarso saat melakukan rapat kerja dengan Gubernur Jateng, di Kantornya, Semarang 28 Maret 2016.

Menurutnya, hal ini terjadi karena setiap pergantian Presiden memiliki kebijakan masing-masing. PNPM berlaku hanya saat era Presiden SBY, walaupun sampai saat ini belum ada payung hukum terhadap dana itu.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjelaskan, pada akhir era Presiden SBY, pihaknya sudah meminta agar dana PNPM bisa diberikan payung hukum dan dananya diberikan kepadanya. "Barangya sudah selesai, tapi payung hukumnya belum ada, saya juga menginginkan dari Kemendagri atau BAPPENAS memberikan segera payung hukum," katanya.

Menurut Ganjar, ada hal yang tidak sesuai dengan sistem PNPM tentang pendamping desa. Dalam sistem tersebut satu orang diharuskan mendampingi empat desa.

Survei PSI: Elektabilitas Golkar Tertinggi, Ungguli PDIP

"Kami sudah bisa membiayai sendiri dengan uang Rp34 milyar, satu Desa lima pendamping. Sebenarnya kami juga menolak dana dari World Bank itu, agar terciptanya kemandirian di Pemprov," kata Ganjar.

Anggota Komisi VI, Rieke Diah Pitaloka juga mengatakan soal PNPM, dirinya setuju dengan langkah Gubernur Jateng, karena perlu diperhitungkan. “Apakah betul bantuan murni dari World Bank, saya kira tidak ada makan siang gratis. Bisa jadi ini hutang luar negeri yang masuk melalui kegiatan sosial," katanya.(www.dpr.go.id)

Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023