Barito Putera Belum Maksimal, PBFC Klaim Layak Menang

Pertandingan Barito Putera vs Pusamania Borneo FC di Piala Presiden 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Barito Putera dipaksa bermain imbang 0-0 saat ditantang Pusamania Borneo FC dalam pertandingan Grup 4 Piala Presiden 2017. Berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Selasa 7 Februari 2017, skuat asuhan Jacksen F Tiago tampil kurang maksimal.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Di babak pertama, Jacksen mengakui anak asuhnya terlalu memudahkan lawan untuk menguasai bola. Namun, masalah itu dapat teratasi di babak kedua. Sayang, meski menguasai jalannya pertandingan, mereka tak mampu memecah kebuntuan.

"Babak kedua ada peningkatan. Kita banyak menciptakan peluang. Ini pertandingan perdana, saya mengandalkan naluri pemain untuk mencetak gol di depan gawang lawan. Kita akui hal itu masih kurang," kata Jacksen usai pertandingan.

Barito Putera Vs Persija, Thomas Doll: Pertandingan Buruk

Belum maksimalnya Rizki Rizaldi Pora dan kawan-kawan ternyata masih bisa dimaklumi oleh juru taktik asal Brasil tersebut. Dia beralasan, skuat asuhannya baru menjalani latihan singkat, sehingga masih belum padu 100 persen.

(Baca juga: Banyak Buang Peluang, PBFC dan Barito Terpaksa Berbagi Poin)

Hasil Liga 1: Kejutan Arema di Markas Borneo FC, Persija Tahan Imbang Barito Putera

"Kita tidak akan menyalahkan pemain. Materi yang kami sampaikan di latihan memang kurang. 85 persen materi latihan kami difokuskan kepada sektor pertahanan. Saya tadi lebih mengandalkan naluri pemain," ujarnya.

Pada pekan depan, Jacksen berencana mematangkan sektor serang anak asuhnya. Dan dia percaya diri, ke depan para pemain sudah bisa memaksimalkan kemampuan serta mampu menerjemahkan keinginannya di atas lapangan.

"Penampilan anak-anak cukup menjanjikan. Kita punya catatan. Pertandingan berikut akan ada peningkatan lagi. Pertandingan tadi berjalan menarik. Harapan saya lebih bagus di pertandingan kedua," jelasnya. 

Di kubu PBFC, pelatih Ricky Nelson dengan percaya diri mengklaim anak asuhnya layak menang meski hanya dengan menurunkan pemain muda. Ada beberapa momen yang menurutnya bisa dimaksimalkan untuk mencetak gol.

"Sayang kami tidak beruntung. Seharusnya kami dua gol dan tiga poin untuk kami. Kami meredam lapangan tengah mereka. Di babak kedua kita lakukan itu," ujarnya.

Pertandingan kedua Grup 3 akan dilangsungkan pada Senin 13 Februari 2017. Laskar Antasari --julukan Barito-- akan melakoni pertandingan keduanya melawan Sriwijaya FC. Sedangkan PBFC menantang Bali United.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya