Jawaban PSSI Soal Kritik Regulasi Pergantian Pemain

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.
Sumber :
  • viva.co.id / Radhitya Adriyansyah

VIVA.co.id – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menjadi sasaran kritik publik usai mengumumkan regulasi pada Liga 1 mendatang, akan ada aturan pergantian lima pemain. Mereka dianggap bermain-main dengan aturan baku dalam sepakbola, di mana hanya boleh ada tiga pergantian pemain.

Arema FC Kenalkan 'Jubah Perang' Baru

Merespons segala kritik yang datang, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengaku keputusan tersebut merupakan solusi terbaik dari harapan 18 klub peserta. Dengan adanya aturan penggunaan tiga pemain di bawah usia 23 tahun, banyak yang merasa akan dirugikan.

Karena sejak jauh hari mereka sudah mengontrak pemain. Dan tidak semuanya akan kebagian jatah bermain. Contohnya, jika sebuah klub memiliki dua pemain asing non-Asia, satu Asia, dan satu marquee player. Total hanya ada empat pemain di luar U-23 yang bisa mengisi skuat utama.

PSS Sleman Tunjuk Gustavo Lopez Sebagai Manajer

"Ini merupakan permintaan dari klub, tadinya mereka minta pergantian tujuh pemain, tetapi kemudian muncul hanya lima pemain saja," ungkap Joko saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 5 April 2017 siang WIB.

Pria asal Ngawi tersebut menambahkan, dua tambahan pergantian pemain bukan tanpa syarat. Nantinya, slot itu hanya bisa dipakai setiap tim untuk memasukkan pemain yang masih berusia di bawah 23 tahun.

Motivasi Meningkat, Persib Pede Hadapi Persija

"Slot dua pergantian itu untuk pemain U-23. Itu juga mengapa DSP (daftar susunan pemain) ditambah jadi 20, dari sebelumnya 18. Jadi setiap klub bisa mendaftarkan banyak pemain U-23," jelasnya.

Keinginan klub meminta kelonggaran dalam jumlah pemain pengganti tidak terlepas dari dilakukannya pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-22 asuhan Luis Milla. Banyak pemain muda yang diandalkan klub menjadi pemain inti bergabung dengan Skuat Garuda Muda.

Ciro Alves, Duel Persik Kediri vs Persib Bandung

Bungkam Persik Jadi Momentum Kebangkitan Persib Bandung

Tren positif ini diharapkan bisa berlanjut untuk pertandingan berikutnya. Skuad Maung Bandung dijadwalkan menghadapi lawan kuat Bali United.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2023