Mulai Pekan Ini TSC Terapkan Peraturan Sepakbola Terbaru

Salah satu pertandingan di ajang TSC 2016
Sumber :
  • Indonesiasc.com

VIVA.co.id – PT Gelora Trisula Semesta (GTS) melalui Komite Wasit melakukan sosialisasi peraturan baru pertandingan. Rencananya, regulasi anyar itu akan mulai diterapkan pada laga pekan 21 Torabika Soccer Champions (TSC) akhir pekan nanti.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

"Peraturan tersebut akan kami terapkan pada pertandingan Torabika Soccer Championship (TSC), akhir pekan nanti. Kami sebenarnya terlambat untuk menerapkan aturan baru itu, seharusnya itu sejak Juni lalu," kata Anggota Komite Wasit Setiyono dalam acara Sosialisasi Laws Of The Game di Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Setiyono mencontohkan, aturan yang baru adalah ketika sepatu pemain lepas, maka pertandingan terus berjalan sampai nantinya bola mati. Untuk aturan lama, permainan dihentikan kemudian pemain diminta ke pinggir lapangan untuk memakai kembali sepatunya.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Kemudian soal kewenangan wasit dalam memberikan kartu. Setiyono menjelaskan, wasit bisa mengeluarkan kartu merah atau kuning, meski sudah berjalan di lorong menuju ruang ganti.

"Wasit bisa memberikan kartu kuning mulai dari pemanasan sampai lorong pada waktu jeda babak pertama. Soal tendangan penalti, pemain tidak boleh melakukan tipuan. Jika mereka melakukan tipuan maka akan dihentikan dan berganti tendangan bebas untuk lawan," ujar Setiyono.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Setiyono juga menjelaskan dalam aturan baru, pemain berhak mendapatkan perawatan di lapangan selama 20 detik, ketika sakit atau cedera.

Ditegaskan, tujuan PT GTS secepatnya menerapkan aturan terbaru itu ialah demi membiasakan pemain, khususnya para penggawa Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2016, November mendatang.

"Ini juga demi timnas. Sebab nantinya di Piala AFF 2016, akan menggunakan Laws Of The Game yang baru ini. Sehingga pemain terbiasa dengan aturan baru dan tidak melakukan kesalahan mendasar," ungkap Setiyono.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya