Pemain Timnas Belanda Junior Bakal Bela Indonesia?

Pemain muda Ajax Amsterdam, Ezra Walian
Sumber :
  • Instagram/@ezrawalian

VIVA.co.id – Ezra Walian, pemain muda Ajax Amsterdam, tengah berada di Indonesia. Ezra ternyata sudah tiba di Indonesia sejak Senin 26 Desember 2016 lalu.

Ada Peluang Xavi Hernandez dan Cruyff Reuni

Kedatangan Ezra ke Indonesia untuk berlibur dan mengunjungi Manado. Ya, Manado adalah tanah leluhur Ezra. 

Ayahnya merupakan putra asli Manado, Glenn Walian. Sedangkan ibunya, Linda Bos berdarah Belanda.

Hasil Drawing 16 Besar Liga Konferensi Eropa, 2 Eks Juara Liga Champions Saling Bunuh

Selain berlibur, Ezra juga akan melakoni sejumlah agenda coaching clinic. Dari informasi yang didapat, Ezra juga akan berlatih di Indonesia. Tak main-main, Ezra akan berlatih disaksikan oleh beberapa pejabat PSSI.

Apakah ini menjadi pertanda bahwa Ezra ingin menegaskan statusnya sebagai WNI dan membela panji Merah Putih di level senior?

Pernah 3 Kali Bela Belanda, Jairo Riedewald Masih Bisa Perkuat Timnas Indonesia?

Memang, beberapa kali Ezra sempat mengutarakan niatnya untuk membela Timnas. Bahkan, di Piala AFF 2016 lalu, Ezra kerap mendukung kiprah Indonesia.

Lewat akun instagramnya, @ezrawalian, dia kerap mengunggah foto dan video yang mendukung kiprah Indonesia di Piala AFF. Selain itu, di akun twitternya, @ezzie1020, ada kata-kata 'love Indonesia'.

Siapa Ezra?

Mungkin banyak yang sudah lupa dengan Ezra. Pemuda 19 tahun tersebut merupakan satu dari sekian banyak pemain berdarah Indonesia yang merumput di Eropa.

Ezra sudah beberapa kali membela timnas Belanda di level junior. Bahkan, dia sempat menjadi kapten Belanda U-15.

Terakhir, dia bermain di Belanda U-17 dalam ajang Piala Eropa. Bermain selama 103 menit, pemain yang berposisi sebagai striker tersebut mencetak lima gol. Ezra belum pernah tampil untuk timnas Belanda senior, sehingga menurut peraturan FIFA, masih bisa memperkuat timnas Indonesia.

Saat ini, Ezra masih berada di tim junior Ajax Amsterdam atau biasa dikenal Jong Ajax. Sebelumnya, Ezra sempat menimba ilmu di akademi AZ Alkmaar.

Debut Ezra di Jong Ajax dimulai pada 26 September 2016 melawan FC Oss. Dalam pertandingan tersebut, Ezra bermain sebagai pengganti. Dia baru masuk di menit 75, menggantikan Pelle Clement dan sama sekali tak mencetak gol.

Musim ini, Ezra sudah tampil selama 381 menit. Tapi, dari catatan Soccerway, belum ada gol yang dicetaknya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya