Bocoran Sistem Operasi Anyar Microsoft, Makin Teka-teki

Logo Microsoft di kantor New Delhi, India
Sumber :
  • REUTERS/Saumya Khandelwal

VIVA – Pengembang sensor biometrik asal California Amerika Serikat, Synaptics memberi petunjuk kepada penggemar Windows, Microsoft akan segera menghadirkan sistem operasi berikutnya. 

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Synaptics membocorkan, sistem operasi generasi berikutnya dari Microsoft bakal hadir dengan fokus pada keamanan biometrik dan Windows Hello.

Bocoran itu disampaikan Synaptics seiring pengumuman kerja sama dengan AMD dalam penggunaan sensor Synaptics. Kolaborasi itu diyakini dalam rangka menumbuhkan tolak ukur baru dalam industri otentikasi sidik jari biometrik yang sangat aman. 

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Kemitraan ini bertujuan untuk memanfaatkan Synaptics FS7600 Match-in-Sensor. Dengan kerja sama kedua perusahaan itu, pola biometrik akan disimpan dan dicocokkan secara terpisah dari sistem maupun sistem operasi. Dengan skema ini, maka menambah lapisan keamanan baru dalam proses autentifikasi. 

Dalam pengumuman kerja sama itu, disebutkan melibatkan platform AMD Ryzen Mobile dan sistem operasi baru dari Microsoft. Dari sinilah, muncul spekulasi bocoran sistem operasi anyar Microsoft. Namun bocoran ini masih menyimpan misteri dan teka-teki.

UNICEF Desak Aksi Global untuk Melindungi Anak-Anak dari Senjata Peledak Mematikan

"Kolaborasi ini menghadirkan tingkat keamanan baru untuk laptop berbasis AMD, dengan memanfaatkan teknologi sensor sidik jari FS7600 Match-in-Sensor Synaptics yang unik, dengan prosesor AMD Ryzen Mobile yang kuat, dan sistem operasi keamanan biometrik yang akan datang termasuk Windows Hello," bunyi pengumuman tersebut, dikutip melalui laman Neowin, Kamis, 12 Juli 2018.

Belum jelas apakah Microsoft benar nantinya akan merilis sistem operasi berbasis keamanan biometrik. Sebab sampai saat ini, perusahaan teknologi raksasa itu belum mengumumkan apapun terkait sistem operasi berikut mereka.

Ada dugaan sistem operasi anyar Microsoft itu terkait dengan proyek Microsoft yang bernama Polaris. Proyek ini merupakan pengembangan Windows 10 untuk dekstop namun lebih modern.

Proyek Polaris dibangun dalam proyek internal Microsoft, Windows Core OS, yang mana bertujuan mengubah Windows ke sistem operasi modular, Polaris bakal fokus untuk dekstop, laptop dan perangkat 2 in 1. Namun sabarlah, Microsoft menargetkan bakal segera merilis Polaris pada 2019.  

Konferensi mitra Microsoft, Inspire, akan berlangsung 15-18 Juli 2018. Dalam konferensi bakal lebih jelas mengenai teka-teki Polaris dan Windows Core OS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya