Alasan Ibu Susui Langsung Bayi Lebih Baik

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Mendapatkan ASI dengan mudah setelah melahirkan adalah berkah bagi seorang ibu. Banyak wanita yang setelah melahirkan tidak bisa menyusui karena ASI tidak keluar dengan berbagai alasan kedokteran. Tapi ada saja orangtua yang malas memberikan ASI secara langsung kepada anaknya.

Enam Manfaat Sehat Menyusui bagi Ibu dan Bayi

Memberikan susu formula atau ASI melalui botol dapat berisiko kepada sang buah hati. Apalagi ketika botol yang digunakan tidak steril terhadap berbagai macam bakteri yang dapat membuat bayi menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. Berikut beberapa alasan menyusui lebih baik daripada menggunakan botol, seperti dilansir laman Boldsky.

Alasan pertama

Kenali Kebutuhan Ideal Susu untuk Si Kecil

Kadang-kadang, bahkan jika botol dibersihkan secara menyeluruh, ada kemungkinan bakteri terakumulasi di dalamnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan bayi Anda. Untuk itu usahakan memberikan ASI secara langsung agar terhindar dari infeksi.

Alasan kedua

Studi: Menyusui Bisa Cegah Kematian Dini pada Ibu

Menyusui tidak hanya baik bagi bayi, tetapi juga baik untuk ibu. Hal ini karena dapat membantu ibu mengurangi berat badan pasca kehamilannya.

Alasan ketiga

Studi telah menunjukkan bahwa menggunakan botol kadang-kadang dapat menyebabkan kondisi yang disebut kolik pada bayi. Karena mereka menghirup udara dalam botol, bersama dengan susu. Hal ini menyebabkan pembentukan gas dalam perut, yang dapat menyebabkan sakit parah pada bayi.

Alasan keempat

Memberikan susu dengan botol dapat memakan waktu, karena prosesnya harus membersihkan botol terlebih dahulu, menyiapkan susu, dan lain sebagainya. Sedangkan, menyusui dapat dilakukan dengan mudah.

Alasan kelima

Para ahli mengatakan bahwa menggunakan botol dalam jangka panjang dapat membuat gigi menjadi tidak sehat dan bengkok.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya