Kondom Alat Proteksi Paling Aman Cegah HIV AIDS

Pameran kondom pada peringatan hari AIDS di China
Sumber :
  • Reuters/Stringer

VIVA.co.id – Tingginya angka HIV/AIDS di Indonesia, didominasi akibat perilaku seksual yang tidak terproteksi. Hal ini, harus segera dicegah. Apalagi saat ini, masyarakat tidak lagi menganggap informasi seks sebagai suatu yang tabu.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

Dalam meningkatkan kesadaran serta perubahan perilaku masyarakat, dimulai dengan upaya memusatkan perhatian yang mengarah pada persepsi risiko diri. Di mana, saat mengetahui dirinya berisiko tinggi terinfeksi HIV, maka harus sigap dalam mencegah hal tersebut terjadi.

"Tingginya penyebaran HIV/AIDS di Papua sebesar 21.474 kasus, karena informasi mengenai hal itu sangat minim, ditambah masyarakatnya menganggap pemakaian kondom identik untuk seks bebas. Padahal kondom itu alat proteksi paling aman untuk cegah penyebarannya," ujar Deputy General Manager PT. DKT International, Pierre Frederick, di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Kondom Juga Bisa Bikin Istri Melayang di Atas Ranjang, Begini Cara Stimulasinya

Tidak hanya Papua tapi pulau Jawa juga turut menyumbangkan angka kasus yang tidak sedikit yakni Jakarta (40.500), Jawa Timur (26.052), Jawa Barat (18.727), dan Jawa Tengah (13.547). Sehingga, stigma masyarakat akan kondom, kata Pierre, harus segera diatasi dengan turut memberikan pendidikan kesehatan seksual bagi kaum muda. Di mana, kondom sebagai alat kontrasepsi bisa menekan angka kasus dan rantai penyebaran HIV/AIDS.

"Kondom itu sebagai proteksi paling aman dalam mencegah infeksi menular seksual, HIV/AIDS dan menjadi alat KB. Faktanya, menggunakan kondom secara konsisten dan benar, Anda dan pasangan akan 10.000 kali lebih terlindungi," tuturnya.

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Pierre mengimbau agar kondom, bukan lagi dinilai sebagai alat untuk seks bebas melainkan memberi manfaat yang besar dan luas bagi masyarakatnya agar terhindar dari penyakit infeksi menular secara seksual. Dengan demikian, pemberian informasi mengenai kondom, harus disampaikan oleh para ahli dan secara tepat.

"Info mengenai kondom itu harus akuntabel yakni proteksi diri dari infeksi menular seksual salah satunya HIV/AIDS. Jangan sampai, karena menganggap pembelian kondom adalah hal tabu, menjadi berisiko tertular. Terlebih bagi para pelaku hubungan seksual yang berisiko," kata dia.

Kisah mualaf putra Altar

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 21 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024