Aturan Diet Tepat Agar Berat Badan Tak Naik Turun

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pola makan yang jadi kebiasaan setiap individu berpengaruh cukup besar terhadap berat badan. Seringkali, pola makan yang salah, justru berasal dari prinsip diet yang tidak tepat.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Seharusnya, prinsip diet mengacu pada prinsip gizi baik dan seimbang. Di mana, dalam satu porsi, makanan seharusnya memiliki sumber nutrisi yang beragam.

"Diet yang baik itu memiliki prinsip tidak langgar gizi seimbang dan sesuai tujuan yaitu tetap sehat dengan berat badan ideal," ujar Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKM UI) Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D.,di acara Konferensi Pers Indonesia Bergizi, di kawasan Tebet, Jakarta, Senin, 5 Desember 2016.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dia berujar bahwa prinsip diet harus realistis, artinya menurunkan berat badan yang masih logis dan masuk akal. Terlebih, konsep diet juga harus dilakukan secara bertahap dan tidak bisa secara cepat.

"Harus realistis. Jangan ingin nurunkan berat badan 30 kilogram sebulan. Idealnya itu sebulan turun tiga kilogram saja, itu sudah bagus. Dan diet itu dilakukan secara bertahap," tambahnya.

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

Lebih penting lagi, kata Ahmad, diet harus dilakukan dengan konsisten untuk mencegah masalah yoyo yaitu berat badan yang naik turun, sehingga tidak mencapai tujuan awal melakukan diet. Terlebih, diet harus dilakukan di bawah pengawasan pakar gizi agar sesuai dengan prinsip diet itu sendiri.

"Tentu diet juga harus di bawah pengawasan ahli gizi, jadi sudah terprogram. Jangan sampai malah terjadi problem yoyo yang berat badannya tidak konsisten," kata dia.

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet

Dokter Peringatkan Soal Obat Pelangsing yang Kerap Diendorse Artis

Memiliki berat badan ideal adalah idaman setiap orang baik pria maupun wanita. Penelitian mengungkapkan satu dari lima orang dewasa pernah mengonsumsi obat pelangsing.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024