Trik Jitu Ajari Si Kecil Mengayuh Sepeda Roda Dua

Anak bersepeda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Belajar mengendarai sepeda untuk si kecil, meski terlihat mudah, namun sulit untuk dilakukan. Untuk itu, bagi para orangtua, dibutuhkan ekstra kesabaran dan trik yang jitu agar si kecil berani untuk menggerakkan pedalnya.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Dikutip dari laman Today's Parent, usia empat tahun biasanya sudah memiliki keseimbangan yang tepat. Selain itu, si kecil juga memiliki kekuatan paha dan betis yang memadai untuk mengendarai sepeda.

"Usia empat tahun, sudah banyak anak yang bisa memiliki keseimbangan, kekuatan kaki serta pemahaman yang baik untuk instruksi umum dalam mengendarai sepeda," ujar instruktur sepeda, Nick Pavlakis.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Komponen pertama dalam mengendarai sepeda, yaitu adanya kekuatan emosional si kecil. Selain itu, hindari penekanan pada si kecil saat memintanya untuk  lihai mengendarai sepeda. Selama mengajari si kecil, usahakan juga agar orangtua tidak menunjukkan rasa frustasinya.

Jika si kecil sudah memiliki komponen emosional yang tepat, Anda bisa mulai mengajari beberapa tahapan dalam mengendarai sepeda.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

1. Ukuran sepeda yang tepat

Pilih ukuran sepeda dengan ukuran roda sekitar 14-16 inci. Kaki si kecil harus menggapai tanah saat ia duduk di atas sepeda.

2. Mulai perlahan

Mulai dengan melepas pedal dan biarkan si kecil melatih keseimbangannya dahulu di atas sepeda. Jika si kecil mulai terlihat mampu menopang keseimbangan, mulai pakai kembali pedalnya.

3. Tempat berlatih yang luas

Tempat berlatih menjadi pemicu kelihaian si kecil dalam mengendarai sepeda. Pilih tempat yang luas dan aman seperti di lapangan parkir, taman sekolah, atau lapangan lainnya yang datar.

Dimulai dengan memberikan penjelasan mengenai cara berhenti dengan menggerakkan pedal ke belakang. Kemudian, biarkan ia menggerakkan pedal ke arah depan dan mengayuhnya perlahan.

4. Lepas tangan Anda

Pegang dudukan sepeda atau leher si kecil untuk membantunya menjaga keseimbangan. Setelah ia mulai mengayuh pedal, biarkan ia memulai sendiri tanpa Anda pegang. Ikuti terus dengan sedikit berlari, untuk berjaga-jaga si kecil hilang keseimbangan.

5. Biarkan sendiri

Setelah ia bisa menyesuaikan, hari berikutnya bisa dimulai dengan posisi "siap", di mana satu pedal di atas untuk membuatnya siap mengayuh. Perlahan, biarkan si kecil mulai mengayuh sepedanya dengan cepat hingga kecepatannya bertambah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya