Tips Aman Lintasi Rel Kereta Api

Perlintasan Kereta Api Permata Hijau Ditutup Permanen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kecelakaan di lintasan rel kereta api seringkali  berujung maut. Biasanya, penyebab umum terjadinya kecelakaan disebabkan oleh rambu perlintasan yang kurang berfungsi dengan baik.

Minibus Tertabrak Kereta Api di Brebes, Penumpang Tewas Terseret Hingga 10 Meter

Tidak pungkiri, kelalaian pengendara motor, mobil, dan pejalan kaki juga menjadi faktor terbesar. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

Bagi para pengendara mobil, sebaiknya hindari terburu-buru atau memaksa lewat begitu saja. Hal tersebut bisa saja mencelakakan Anda lantaran pengaruh magnet yang mengganggu sistem mesin mobil.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

"Percaya atau tidak magnet buatan dari rel kereta api itu memiliki kekuatan dan daya tarik yang besar akibat pergesekan antara roda-roda baja kereta api dan rel baja. Sehingga dapat mengganggu sistem di mesin mobil dan suka mogok di tengah-tengah perlintasan kereta api,” ujar Suprapto, Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 20 Maret 2017.

Untuk itu, pengendara sebaiknya jangan memaksa melewati perlintasan bila kereta api akan lewat, meskipun tidak ada lampu peringatan.

Kereta Api Manahan Tabrak Truk di Brebes, Sopir dan Anaknya Tewas

Dia menuturkan bahwa saat akan menyeberangi perlintasan rel kereta api, sebaiknya konsentrasi dan jangan mendengarkan musik melalui headset. Posisikan arah kendaraan Anda menjadi tegak lurus dengan rel kereta api, untuk menghindari risiko roda tersangkut atau terjatuh.

Nah bagi pejalan kaki, pastikan untuk selalu melihat kondisi kiri dan kanan sebelum menyeberang rel kereta api. Jangan melakukan aktivitas lain atau melamun sehingga tidak menyadari bunyi rambu perlintasan rel atau klakson kendaraan. (mus)

Detik-detik Carry merah terpental setelah dihantam kereta api di Madiun. (Istimewa)

Detik-detik Mengerikan Carry Merah Berisi Satu Keluarga Dihantam Kereta Api di Madiun

Satu keluarga yang menumpangi Carry merah nahas yang tertabrak kereta api itu hendak menghadiri halal bi halal di Madiun, Jatim.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024