Mobil Balap Buatan Mahasiswa UGM Berjaya di Pentas Dunia

Mobil balap buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Mobil balap Formula Bimasakti karya para mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali berjaya dalam kompetisi mobil formula tingkat Internasional. Tim Bimasakti dinobatkan sebagai tim terbaik dalam Student Formula Japan SAE Competition, 6-10 September 2016.

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

Mobil Bimasakti berhasil mengungguli mobil balap dari tim asal Asia Tenggara lainnya karena mampu menempati peringkat ke-26 dari 92 tim yang mengikuti kompetisi ini berdasarkan hasil poin secara keseluruhan.

Selain itu, tim Bimasakti juga berhasil menempati urutan ketiga untuk kategori Overseas Team, bahkan tim asal Kota Yogyakarta ini juga berhasil menempati peringkat 3 dalam kategori keiritan bahan bakar di kelas Internal Combustion Vehicle (ICV).

10 Tahun dalam Kondisi Menyedihkan, Schumacher Diterapi dengan Suara Mobil

Fajar Fitrahadi Danda, salah satu anggota tim, mengatakan prestasi yang diraih tim Bimasakti merupakan buah hasil kerja keras tim yang sudah mempersiapkan diri selama kurang 2 tahun. "Selama mengikuti  Student Formula Japan SAE Competition ini prestasi paling tinggi,"katanya.

Fajar menjelaskan  tim Bimasakti UGM beranggotakan 28 mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin dan Industri, Elektronika dan Instrumentasi, ekonomika dan bisnis, serta dua orang dosen pembimbing. Mobil formula yang diikutkan dalam kompetisi ini merupakan generasi ke-5.

Pembukaan APRC Danau Toba 2023, Komitmen Dukung Reli Dunia

“Mobil formula yang kita rancang dengan melakukan riset dan upgrading besar-besaran dalam setahun belakangan dan menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan dari prestasi yang sudah kita capai,”ungkapnya.

Fajar menuturkan Bimasakti juga telah mengikuti uji vehicle examination dan dinyatakan memenuhi standar otomotif internasional atau Society of Automotive Engineers Standar (SAE) pada 6 September.

Lolos dari vehicle xxamination merupakan persyaratan untuk tim peserta agar dapat mengikuti dynamic event dua hari kemudian. “Mobil dari Bimasakti UGM berhasil lolos vehicle examination sehingga  berhak untuk melanjutkan kompetisi pada dynamic event,” katanya.

Dynamic event pertama yang diikuti adalah Autocross dengan best laps yaitu 1:06:05 . Pada hari tersebut Bimasakti UGM Racing Team juga mengikuti acceleration event dan skidpad event dengan waktu terbaik 5,985 detik dan 6,377 detik secara berurutan. Untuk keesokan harinya, tim ini mengikuti endurance event dengan waktu putaran terbaik yaitu 1:12:25.

Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr Senawi mengatakan prestasi yang diperoleh oleh Tim Bimasakti tahun ini merupakan prestasi tertinggi yang tercatat selama tim Indonesia mengikuti Student Formula Japan SAE Competition.

“Dengan prestasi yang telah didapatkan, Tim Bimasakti UGM sangat berpotensi untuk memiliki prestasi yang lebih baik lagi di tahun mendatang,” kata Senawi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya