Keuntungan Pasang Indiglow di Mobil

Speedometer indiglow.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Salah satu modifikasi yang kerap dilakukan pemilik mobil pada panel indikator adalah mengganti model standar dengan indiglow.

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Juragan gerai khusus modifikasi speedometer SACS Speedglow, Wira mengatakan, indiglow banyak diminati karena cahaya yang dihasilkan lebih terang dan warna-warni.

Uniknya, cahaya yang dihasilkan bukan berasal dari bohlam, melainkan pelat khusus yang dialiri arus listrik.

Miliki Tampilan Catchy, Ini Impresi Singkat Vespa GTV 2023

"Pelat itu nanti akan menyala setelah diberikan arus listrik. Karena lempengan itu mengandung listrik 110 Volt AC, perlu pasang pengubah arus, agar bisa jadi 12 Volt DC," kata Wira kepada VIVA.co.id, Rabu 11 Januari 2017.

Layaknya lampu panel indikator, indiglow juga bisa diubah intensitas cahayanya. Ada dua warna yang umum digunakan. "Frekuensi 800 Hertz warna kekuningan, kalau putih biasanya di atas 1.400 Hertz,” ungkapnya.

Kenali Tanda Aki Motor Rusak dan Perlu Segera Diganti

Kelebihan lain dari indiglow yakni bisa mengubah warna yang terpancar dari speedometer. “Kami pasang sakelar, sehingga konsumen bisa memilih warna mana yang dikehendaki,” ujarnya.

Wira memberi contoh, jika pelat dasar memakai warna putih, cahaya yang bisa dipilih yakni putih dan krem. Sementara itu, bila warna dasarnya biru, pilihan warnanya yakni biru dan hijau.

Karena tidak menggunakan bohlam, otomatis suhu yang dihasilkan jadi lebih adem. Pada speedometer standar, biasanya terdapat empat bohlam dengan daya masing-masing lima watt.

Selain itu, cahaya yang dipancarkan bohlam tidak bisa menerangi panel dengan sempurna. Berbeda dengan indiglow, cahayanya bisa terlihat jelas di semua sisi panel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya