Lima Motor MotoGP yang Dijual Bebas

Honda RC213V-S dipajang di IIMS 2016.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVAcoid

VIVA.co.id – Hampir seluruh pabrikan sepeda motor di dunia, yang mengikuti ajang balap MotoGP, juga berlomba menghadirkan edisi replika yang bisa dibesut di jalan raya. Artinya, motor-motor itu dijual secara umum dengan sensasi mesin MotoGP.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Motor-motor tersebut dihadirkan lantaran banyak pencinta kecepatan yang ingin menunggangi ‘kuda besi’ bermesin gahar laiknya motor-motor yang ada di MotoGP. Dilansir Visordown, Selasa 15 November 2016, setidaknya ada lima replika MotoGP terbaik yang diproduksi secara umum dan bisa dimiliki siapa saja.

Motor pertama, yakni Honda RC213V-S. Motor tersebut merupakan replika MotoGP terbaik karena memiliki frame dengan identitas sebagai kendaraan MotoGP. Motor ini edisi MotoGPnya diketahui digunakan Marc Marquez, dan Dani Pedrosa di lintasan balap.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Motor kedua, yakni Ducati Desmosedici RR. Hampir satu dekade Ducati merancang sepeda motor ini sebagai replika MotoGP mereka. Ducati Desmosedici kini dijual dengan banderol 40 ribu poundsterling atau setara dengan Rp664 juta.

Ducati Desmosedici RR.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Semenjak dirilis, motor ini mengundang banyak antusiasme. Sebab, dengan mesin 1000cc, harga yang ditawarkan dinilai sangat terjangkau untuk sebuah replika MotoGP.

Motor ketiga, yakni Bimota V-Due. Meski statusnya berbeda dengan motor-motor lain, namun motor ini dijual untuk umum. Bimota V-Due memang bukanlah replika MotoGP, melainkan sebuah kendaraan GP nyata. Meski akhirnya mengalami kebangkrutan, motor ini dinilai sebagai salah satu yang terbaik.

Motor keempat yakni Ronax 500. Motor ini dirancang untuk meniru Honda NSR500. Ronax 500 disebut sebagai evolusi terakhir dari mesin dua stroke 500cc. Motor ini mampu mengasilkan tenaga hingga 160 horse power, dan dinilai banyak pihak sebagai motor terbaik. Ronax 500 dibekali mesin twin-crank 499cc dua-stroke V4 dengan sistem pembakaran injeksi. Soal harga, Ronax 500 ditawarkan dengan banderol 100 ribu Euro atau setara Rp1,4 miliar.

Motor kelima, yakni Honda NSR250R. Berada di kelas menengah, motor ini disebut memiliki pengalaman berkendara layaknya kuda besi MotoGP. Hal itu dikarenakan Honda NSR250R disematkan mesin dua-stroke.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya