Ban Kurang Angin Justru Berisiko Pecah

Ban sepeda motor.
Sumber :
  • Motorcyclephillippines

VIVA.co.id – Banyak pengendara motor yang menganggap ban kurang angin sebagai hal yang sepele. Selama ban masih bisa berputar dan tidak goyang, maka dianggap aman digunakan. Padahal, ban yang kurang angin bisa berisiko pecah.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Dilansir dari Fdrtire, Senin 5 Juni 2017, saat tekanan angin ban di bawah standar yang direkomendasikan, bagian sidewall atau dinding ban mendapat tekanan yang lebih berat. Apalagi jika membawa beban berlebihan, tekanan terhadap dinding ban jadi lebih berat lagi.

Jika terus-menerus mendapat tekanan melebihi beban yang sanggup ditanggung oleh sidewall ban, benang-benang nylon yang jadi "tulang" ban bisa putus dan mengakibatkan ban pecah, karena dinding ban sobek.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Bahayanya lagi, masih banyak yang beranggapan bahwa saat membawa beban berat, tekanan ban harus dikurangi. Alasannya, agar ban tidak pecah akibat menerima beban lebih besar.

Pada dinding ban motor sebenarnya sudah tertulis kode yang menjelaskan beban maksimum ban. Misalnya, di dinding ban tertulis "max load 170kg (374 lbs) at 260kPa (33 psi) cold."

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

Itu berarti, beban maksimum yang bisa ditanggung ban yaitu 170 kilogram, dengan syarat tekanan ban 33 per square inch dan kondisi ban dingin.

Tidak seperti ban mobil, sidewall pada ban motor penting untuk kestabilan saat menikung. Derajat kemiringan ban motor saat menikung lebih rendah daripada ban mobil.

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024