Tips Bawa Anak Kecil Naik Motor, Sepele tapi Penting

Membonceng anak yang benar
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA – Perlu pengawasan ekstra bagi orang tua yang senang mengajak buah hatinya naik motor. Sebab, anak kecil bisa berbuat sesuka hatinya, saat berada di atas motor. Jika orang tua lengah akan berakibat fatal.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Seperti video yang beredar di media sosial ini. Karena kelalaian orang tua saat menurunkan anaknya dari motor matik. Saat akan menurunkan si buah hati, ternyata tangan anak itu masih berpegangan pada grip gas. Bisa ditebak, motor itu melaju kencang dan menabrak mini market.

Melihat kasus tersebut, Andry Berlianto sebagai instruktur Rifat Drive Labs Safekids Indonesia, mengatakan, selama kaki anak belum bisa menapak pada foot step belakang jangan ajak naik motor. Kata dia, amannya tidak menyertakan dalam berkendara.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

“Jika memaksa (anak naik motor), sertakan pendamping seperti orang tua, kakak, kerabat dan lain-lain dan jangan menempatkan anak di posisi depan,” ujarnya kepada VIVA, Senin 19 Maret 2018.

Bagi orang tua yang sudah sering membawa anaknya naik motor, usahakan saat parkir, situasi sudah aman dan terjaga. Lanjut dia, yang terpenting matikan mesin setelah berhenti jangan sampai menyala, untuk motor manual netralkan gigi.

Geger, Polisi Kepergok Buang Jasad Korban Kecelakaan ke Sungai

“Saat sudah parkir dan hendak menurunkan penumpang, pastikan standar samping diturunkan. Karena beberapa varian matik sudah engine off saat standar samping turun. Selalu turun dari motor ke arah kiri dan selalu monitor pergerakan anak,” katanya.

Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Operasi Keselamatan 2024 yang dilakukan Polri selama dua pekan sejak 4 hingga 17 Maret 2024, sudah rampung. Sebanyak 86.437 pengendara di Tanah Air, kedapatan melanggar.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024