Diduga Tertipu, Kangen Band Klaim Rugi Rp2 Miliar

Kangen Band
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Grup musik Kangen Band diduga menjadi korban penipuan oleh salah satu pihak label rekaman. Hal ini diungkapkan oleh kuasa hukum Kangen Band Razman Arif Nasution, Kamis, 21 September 2017 di kawasan Kuningan, Jakarta.

11 Pasangan Artis Baru Jalani Bulan Ramadhan Pertama di 2024, Ada BCL hingga Enzy Storia

"Menurut saya ada dugaan penjebakan (dari label rekaman terhadap Kangen Band)," ujar Razman.

Diketahui, pihak Kangen Band melakukan kerja sama dengan pihak label pada 2016. Di bawah naungan label ini, kata Andika vokalis Kangen Band, ia dan teman-temannya menghasilkan lima lagu bakal jadi gong kembalinya Kangen Band yang sempat vakum untuk waktu yang cukup lama.

Viral, Koper Keybordist Kangen Band Oknum Petugas Maskapai di Bandara

Namun sayang, belum rilis, lagu-lagu tersebut diakui Andika sudah menyebar di berbagai stasiun televisi dan radio. Menyedihkannya lagi, tidak ada sepeser pun uang royalti yang masuk ke kantong Kangen Band.

"Kembalinya Kangen Band itu kebetulan kami belum woro-woro. Kami bikin surprise dengan single, ketika dilempar, Doi (penggemar Kangen Band) antusias. Akhirnya telepon Tama, jadilah lima lagu, jadi mini album. Yang saya kaget, lagunya kok sudah nyebar ke mana-mana. Royalti ke mana? Saya sudah kerja kok enggak dapat uang," kata Andika saat ditemui di saat yang sama.

Banyak Wanita yang Suka, Andika Kangen Band: Padahal Gue Ngaca juga, Gue Takut

Razman menjelaskan bahwa pihak label diduga telah melanggar Pasal 372 dan 378 KUHP tentang dugaan tindak pidana dan atau penggelapan. Pihaknya pun sudah melayangkan somasi pada terduga 7 x 24 jam.

"Kalau tidak kooperatif, kami akan menempuh jalur hukum. Mungkin perdatanya juga. Oleh karena itu kami minta (label rekaman) kooperatif," kata dia.

Kejadian ini, menurut mereka, menimbulkan kerugian cukup besar. Diperkirakan angka kerugian mencapai Rp2 miliar dari royalti yang tidak dibayarkan dan beban finansial yang dilimpahkan label rekaman pada grup musik asal Lampung ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya