Satu Lagi Tim MotoGP Pamer 'Fairing Sayap' Terbaru

Fairing Aprilia jelang MotoGP musim 2017.
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id – Aprilia menjadi pabrikan kedua yang mengeluarkan desain baru untuk menjawab larangan penggunaan winglet pada MotoGP 2017 ini.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Setelah Yamaha mengungkapkan fairing baru yang menjadi satu dengan winglet pada tes di Sepang lalu. Sementara Aprilia baru mengeluarkannya di tes yang saat ini berlangsung di Phillip Island.

Seperti Yamaha, Aprilia berusaha menyaluarkan udara lewat lubang angin lebar di sisi kedua fairing. Tapi, penempatan dan bentuk sayap ini berbeda. Lebih besar dan ditempatkan tepat di depan handlebar, jika dibandingkan dengan Yamaha.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Di bawah lubang angin itu tampak sebuah sayap berbentuk seperti bibir di bagian moncong motor, tepat di atas ban depan.

Sayap pada motor Yamaha sebelumnya tampak berbeda dengan desain fairing biasanya, lebih besar dan gemuk. Sementara modifikasi yang dilakukan Aprilia masih tetap seperti fairing pada umumnya.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Sebelumnya, pembalap Aprilia, Aleix Esparagaro, mengatakan fairing baru tersebut nyaris 55-60 persen bekerja seperti winglets.

Fairing khusus kini diperbolehkan sejak sebuah peraturan baru terkait aerodinamika dikeluarkan, yang tidak memberbolehkan sayap yang tidak menjadi satu dengan badan motor.

Hanya satu kali perubahan saja boleh dilakukan sepanjang musim berjalan. Desain yang dikeluarkan para pabrikan akan diperiksa oleh Technical Director MotoGP, Danny Aldridge.

Suzuki juga mengungkapkan akan melakukan tes terhadap fairing khusus mereka pekan ini. Sementara Honda, Ducati, dan KTM masih belum ada kabar apapun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya