Logo ABC

Paus Pertimbangkan Pastor Boleh Menikah, Hanya untuk Wilayah Tertentu

Warga asli Amazon menghadiri upacara penanaman pohon di Vatikan yang dihadiri Paus Fransiskus.
Warga asli Amazon menghadiri upacara penanaman pohon di Vatikan yang dihadiri Paus Fransiskus.
Sumber :
  • abc

Pimpinan gereja Katolik tertinggi di dunia Paus Fransiskus hari Minggu (6/10/2019) dalam misa pembukaan Sidang Para Uskup di Vatikan menyerukan agar Gereja berubah untuk mempertimbangkan kemungkinan adanya pastor yang menikah untuk ditugaskan di kawasan Amazon.

Dalam misa di Basilika Santo Petrus, Paus juga mengecam bentuk kolonialisme yang terjadi di masa lalu maupun yang masih terjadi sampai sekarang, dan juga mengatakan kebakaran hutan yang terjadi di Amazon Brasil belakangan ini dilakukan oleh beberapa kelompok yang memiliki kepentingan di sana.

Dalam khutbahnya, Paus Fransiskus mengatakan pemimpin Gereja berisiko menjadi "birokrat, dan bukannya penggembala" dan mendesak mereka untuk menyalahkan api kasih Tuhan dengan berani untuk melakukan perubahan.

"Bila semuanya berjalan seperti biasanya, bila kita menghabiskan hari-hari kita puas dengan bagaimana semua sudah berjalan selama ini, maka kasih itu hilang, dimatikan oleh api ketakutan, dan keinginan untuk mempertahankan yang sudah ada." katanya.

Pope Francis meets members of indigenous populations on the occasion of the feast of St Francis of Assisi, the patron saint of ecology Paus Fransiskus bertemu dengan warga asli dalam acara memperingati Santo Fransiskus dari Asisi, santo pelindung lingkungan di Vatikan.

AP: Alessandra Tarantino

Salah satu masalah utama yang dibicarakan dalam Sidang Para Kardinal di Vatikan saat ini adalah apakah Gereja Katolik akan mengizinkan para pastor Katolik yang pernah menikah dan memiliki keluarga dan dihormati di kalangan lokal diangkat menjadi pastor di Amazon.