Logo DW

Perwira Satuan Elite Jerman KSK Dicopot karena Salam Nazi

picture-alliance/dpa/M. Skolimowska
picture-alliance/dpa/M. Skolimowska
Sumber :
  • dw

Skandal neo-Nazi kembali melanda militer Jerman Bundeswehr, kali ini melibatkan anggota-anggota komando pasukan elitenya, KSK.

Seorang perwira KSK yang diduga terlibat dalam adegan yang mendemonstrasikan simbol ekstremis sayap kanan dicopot, kata harian Jerman, Bild am Sonntag, hari Minggu (01/12).

Tuduhan itu muncul setelah dilakukannya operasi intelijen selama berbulan-bulan oleh Dinas Intelijen Militer, MAD. Perwira yang pernah ditugaskan di Afghanistan itu diselidiki secara diam-diam oleh MAD setelah seorang informan memberi informasi tentang tingkah lakunya.

MAD kemudian merekomendasikan agar perwira itu segera dikeluarkan dari Komando Pasukan Khusus KSK dan dilarang bertugas di Bundeswehr. Dia akan meninggalkan jabatannya minggu ini.

Dua serdadu lain di KSK juga sedang diperiksa penyelidik Bundeswehr atas kegiatan ekstremisme sayap kanan.

Kedua orang itu dituduh melakukan penghormatan dengan gaya Nazi-Hitler pada sebuah pesta pribadi yang diselenggarakan perwira KSK tersebut. Menggunakan simbol-simbol Nazi, termasuk melakukan salam khas Nazi-Hitler adalah tindakan ilegal di Jerman.

Salah satu serdadu itu sudah diskors beberapa minggu lalu dan tidak lagi diperbolehkan mengenakan seragam Bundeswehr, kata harian Bild am Sonntag. Serdadu lainnya masih dalam penyelidikan.