Logo DW

Laptop Militer Jerman Berisi Data Rahasia Dijual di Ebay

Seorang pakar keamanan Jerman menemukan informasi militer rahasia yang dapat dengan mudah diakses di laptop yang dijual di eBay.

Spesialis keamanan dari perusahaan yang berbasis di kota Bochum, G Data, membeli laptop bekas tentara Jerman Bundeswehr seharga 90 Euro atau sekitar Rp 1,5 juta. Namun di komputer itu ternyata ada serangkaian dokumen, termasuk instruksi tentang cara menghancurkan sistem pertahanan udara LeFlaSys Ozelot.

LeFlaSys Ozelot adalah sistem rudal pertahanan udara bergerak yang pertama kali digunakan tahun 2001 dan masih dipakai sampai sekarang. Sistem persenjataan ini digunakan untuk bereaksi cepat terhadap ancaman udara, melindungi pusat komando dan personil pasukan saat bepergian.

File-file itu ditandai "VS-Nur für den Dienstgebrauch" yang artinya kurang lebih "VS-Hanya Untuk Penggunaan Saat Tugas” yag merupakan level terendah klasifikasi rahasia.

Sistem tidak aman

Pakar keamanan dari G Data, Tim Berghoff, mengatakan kepada DW bahwa komputer yang tahan percikan air itu berbobot 5 kilogram dan dirancang untuk digunakan di lapangan. Berghoff mengatakan, perangkat itu mungkin dibuat pada awal 2000-an dan masih berfungsi dengan baik.

"PC notebook yang kami peroleh berisi informasi teknis yang luas tentang sistem LeFlaSys, termasuk petunjuk langkah-langkah pengoperasian serta pemeliharaan. Informasi tentang cara mengoperasikan sistem akuisisi target, beserta platform senjata itu sendiri dapat ditemukan di sana, dan, tentu saja, instruksi tentang cara menghancurkan seluruh sistem untuk mencegah penggunaannya oleh pasukan musuh," ujar Berghoff kepada DW.