Logo BBC

Virus Corona: Perburuan Mencari Orang Pertama yang Picu Wabah Covid-19

Seiring meningkatnya kasus virus corona di seluruh dunia, perburuan terus dilakukan untuk mendapatkan "pasien nol". Namun, apakah menemukan satu orang yang menjadi awal penyebab wabah akan berguna, atau justru berbahaya?

Otoritas dan pakar di China berselisih tentang asal mula wabah virus corona yang sedang berlangsung. Lebih khusus lagi, tentang siapa "pasien nol" wabah ini.

Disebut juga sebagai kasus indeks, pasien nol adalah istilah yang digunakan untuk merujuk manusia pertama yang terinfeksi oleh virus atau penyakit bakteri dalam suatu wabah.

Kemajuan dalam analisis genetika saat ini memungkinkan untuk melacak kembali garis turunan virus melalui mereka yang telah terinfeksi.

Dikombinasikan dengan studi epidemiologi, para ilmuwan dapat menunjukkan dengan tepat individu-individu yang mungkin merupakan orang pertama yang mulai menyebarkan penyakit ini dan memicu wabah tersebut.

Mengidentifikasi siapa orang-orang ini dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting tentang bagaimana, kapan dan mengapa wabah terjadi.

Petugas medis mendorong pasien virus corona yang telah meninggal dunia
Getty Images
Para ilmuwan sepakat bahwa episentrum wabah virus corona adalah pasar hewan dan ikan laut di Wuhan, China.